15 Agustus 2023

Kapolres Pabar Monitoring Ketinggian Debit Air Aliran Sungai Batang Saman



PASBAR, (GemaMedianet.com| Kapolres Pasaman Barat (Pasbar) AKBP Agung Basuki memantau debit air di aliran Sungai Batang Saman. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan bencana banjir akibat meluapnya air sungai saat musim hujan. 

Kunjungan Kapolres Pasbar AKBP Agung Basuki yang didampingi Wakapolres Kompol Chairul Amri Nasution, Kasat Lantas Iptu M. Irsyad Fatur Rahman, Kasat Samapta AKP Asril serta Kapolsek Pasaman AKP Defrizal memonitoring ketinggian debit air di aliran Sungai Batang Saman, yang berada di Jorong Pasir Bintungan, Nagari Aia Gadang Barat, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (14/8/2023) siang. 
 
“Musibah bencana alam banjir bisa terjadi kapan saja, tapi dengan diantisipasi tentunya dapat diminimalisir baik korban jiwa maupun korban materil,” kata Kapolres.

Kapolres bersama rombongan, selain melakukan pengecekan terhadap debit air aliran Sungai Batang Saman, Kapolres juga memantau proyek pengerjaan pembagunan tanggul penahan abrasi di aliran Sungai Batang Saman tersebut.

“Kami berharap proyek pengerjaan pembagunan tanggul penahan abrasi ini cepat selesai, agar aliran Sungai Batang Saman tidak melebar akibat abrasi dan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar aliran Batang Saman ini untuk benar-benar memperhatikan kondisi air bandungan. Apabila kondisinya berada pada level rawan, segera informasikan kepada Instansi terkait, termasuk Kepolisian, BPBD dan Basarnas,” kata AKBP Agung Basuki.

Dari hasil pemantauan langsung, kata Kapolres, debit air di aliran Sungai Batang Saman masih normal, masih dalam batas aman, namun kita harus tetap siaga dalam antisipasi hujan deras yang berlangsung lama nantinya.

AKBP Agung Basuki mengatakan, pihaknya harus siap siaga sehubungan sudah masuk musim penghujan dan semoga tahun ini tidak ada korban baik jiwa maupun materil dari bencana banjir yang melanda wilayah kita dan menghimbau masyarakat yang bertempat tinggal dekat bantaran sungai, agar selalu waspada terhadap perkembangan aliran sungai.

“Kami minta masyarakat tetap waspada banjir menyikapi cuaca yang berubah-ubah saat ini, tidak menutup kemungkinan bertambahnya volume air sungai, jika daerah hulu diguyur hujan terus menerus,” tambahnya.

(pr)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan