13 Juli 2023

Rakernas APEKSI XVI 2023 Makassar Usung Tema Kota Kita Maju, Indonesia Kuat

Rakernas APEKSI XVI 2023 Makassar



MAKASSAR, (GemaMedianet.com| Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XVI Tahun 2023 sejak Senin (10/7) lalu digelar di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Rakernas APEKSI XVI yang dijadualkan berlangsung hingga 14 Juli 2023 ini diikuti 88 Wali Kota/ Wakil Wali Kota se-Indonesia tersebut mengusung tema "Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat".

Kegiatan yang dihadiri Wali Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) Hendri Septa dan jajaran ini dibuka secara resmi oleh Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro mewakili Presiden RI di Upperhills Convention Hall, Makassar, Rabu (12/7/2023) pagi.

Pembukaan event nasional tersebut ditandai dengan penabuhan gendang Tunrung Pakanjarak, gendang tabuh khas masyarakat Bugis, Makassar oleh Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro bersama Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam serta Ketua Dewan Pengurus APEKSI Pusat Bima Arya Sugiarto yang juga Wali Kota Bogor dan Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto.

Tampak hadir di kesempatan itu Dewan Pengurus, Dewan Pengawas serta Ketua Komwil APEKSI. Selain itu juga hadir 50 delegasi anak muda dari 50 kota se-Indonesia dan delegasi luar negeri peserta Youth City Changers (YCC) Rakernas APEKSI XVI 2023, unsur Forkopimda Sulsel dan Makassar serta unsur terkait lainnya.

"Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang kita bersyukur mengikuti Rakernas APEKSI ke-16 di Kota Makassar kali ini. Sebagaimana tahun lalu kita Kota Padang yang jadi tuan rumah," ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa saat ditemui wartawan di sela kegiatan pembukaan Rakernas APEKSI XVI 2023 tersebut.

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Wali Kota Padang diantaranya Plh Sekdako Arfian, para Asisten dan pimpinan OPD, serta Camat dan Lurah se-Kota Padang. Selain itu juga hadir Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa dan unsur terkait lainnya.

Menurut Wako Padang, Rakernas APEKSI selalu berarti penting bagi kemajuan kota-kota di seluruh Indonesia. Banyak agenda dan hal positif yang dilakukan selama perhelatan tahunan tersebut.

"Sewaktu kita tuan rumah Rakernas APEKSI XV Tahun 2022 lalu rombongan delegasi Pemko Makassar hadir begitu banyak, lebih kurang 400 orang ke Kota Padang. Kali ini Makassar yang jadi tuan rumah, sebagai ungkapan rasa hormat dan penghargaan kita balas hal baik itu dengan membawa rombongan delegasi yang cukup banyak dan lengkap pula," imbuhnya.

"Pada Rakernas kali ini Kota Malang yang paling banyak mengirimkan delegasinya yakni sebanyak 400 orang. Ini semua tentu sebagai bentuk keseriusan kita mengikuti Rakernas APEKSI XVI tersebut. Banyak rangkaian kegiatan penting yang dilakukan, terutama sekali adanya pawai budaya nusantara yang memperkenalkan budaya dari kota masing-masing kepada seluruh pemerintah kota se-Indonesia," ujar Wako Padang menambahkan.

Lebih jauh orang nomor satu di Kota Padang itu mengulas, meski membawa delegasi lengkap mengikuti Rakernas APEKSI XVI di Kota Makassar ia memastikan tidak akan mengganggu kinerja dan pelayanan publik di Kota Padang. Hal itu dikarenakan sudah ada pejabat pelapis yang ditetapkan untuk menggantikan peran setiap kepala OPD selama mengikuti Rakernas.

"Terkait biaya perjalanan dinas, saya sudah minta masing-masing kepala OPD termasuk di kecamatan dan kelurahan untuk melakukan pembatasan perjalanan dinas dalam kurun waktu tujuh bulan ini (Januari-Juli 2023), sehingga kita tidak terkendala biaya untuk mengikuti Rakernas ini," tutur Wako lagi.

“Rombongan kita paling banyak diikuti oleh para lurah, yang selama ini tidak pernah kita anggarkan biaya untuk kunjungan kerja ke luar daerah. Tetapi untuk APEKSI XVI Makassar ini, saya sendiri yang minta dianggarkan dari jauh hari, supaya para lurah ini dapat ikut serta meramaikan APEKSI XVI Makassar, terutama untuk agenda pawai budaya,” jelas Wako.

Sementara itu dalam sambutan dan arahannya Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro menyampaikan pentingnya Rakernas APEKSI sebagai ajang pertemuan para Wali Kota se-Indonesia untuk mengkonsolidasikan kekuatan dan mengatasi tantangan pembangunan di pemerintah kota kedepannya. 

"Sesuai arahan Bapak Presiden saat ini kita harus menyikapi dua hal. Pertama upaya dalam menggerakkan kembali perekonomian pasca pandemi Covid-19, serta persoalan inflasi yang dipicu dari sektor kebutuhan pangan. Alhamdulillah, pada minggu ini kondisi inflasi rata-rata nasional adalah 3,52 persen. Ini cukup baik, semoga seluruh pemerintah kota dapat mempertahankan dan selalu mengendalikan inflasi ini secara baik," ucap Sekjen Kemendagri.

Senada dengan itu Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya berharap Rakernas APEKSI XVI tahun 2023 di Kota Makassar berjalan sukses dan lebih semarak dari Rakernas APEKSI sebelum-sebelumnya.

“Event ini penting sebagai momen kebersamaan seluruh kota se-Indonesia. Semoga semua peserta dapat mengambil manfaatnya untuk kemajuan daerah masing-masing ke depan,” harapnya.

Selanjutnya Bima Arya juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kota Makassar yang sangat serius mempersiapkan penyelenggaraan Rakernas APEKSI XVI.

“Makassar sungguh luar biasa. Saya rasa termasuk kota tuan rumah penyelenggara Rakernas APEKSI terbaik. Tahun lalu Kota Padang juga sama baiknya. Hal ini patut ditiru tuan rumah Rakernas APEKSI selanjutnya tentunya,” kata Wali Kota Bogor tersebut.

Bima Arya juga menyebutkan, ada tiga pesan yang penting disikapi dalam Rakernas APEKSI XVI. Pertama APEKSI konsisten mengawal otonomi daerah untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat, reformasi birokrasi serta peningkatan bisnis dan ekonomi, pendidikan dan pembangunan yang berkelanjutan. 

(pkp)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan

Arsip Blog