30 April 2023

Pertama Kali Dalam Sejarah, Menhan Prabowo Subianto Buka Alek Pacu Kuda di Tanah Datar



BATUSANGKAR(GemaMedianet.com| Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) Eka Putra, SE, MM patut diacungi jempol. Untuk pertama kali dalam sejarah Alek Pacuan Kuda Wirabraja Open Race dan Tradisional Tahun 2023 dibuka secara resmi Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto. 

Turut hadir dalam pembukaan itu Wakil Menteri Tenaga Kerja RI (Wamanaker) Ir. Afriansyah Noor, M.Si Datuak Rajo Basa, Anggota DPR RI, Tokoh Nasional dan Pejabat lainnya dari Provinsi Sumatera Barat dan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat dan provinsi tetangga.

Alek Nagari Pacu Kuda Tanah Datar Wirabraja Open Race tahun 2023 itu  dibuka Menhan RI Prabowo Subianto di Lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak Tanah Datar, Minggu (30/4/2023)

"Ini sejarah yang perlu dicatat, karena pertama kali dalam sejarah semenjak pacu kuda digelar di Gelanggang Pacu Kuda Dang Tuanku Bukit Gombak ini dibuka langsung Menhan RI Bapak Prabowo Subianto, turut disaksikan Wamenaker RI, Anggota DPR RI, Tokoh Nasional dan pejabat lain dari pusat, provinsi dan daerah,” ucap Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya.

BACA JUGA : Menhan Prabowo Subianto Disambut Hangat Ribuan Massa di Sumatera Barat

Bupati Eka Putra juga mengungkapkan rasa bersyukur dan ucapkan terima kasih kepada Menhan RI Prabowo Subianto yang telah berkenan hadir dan membuka alek nagari pacu kuda tersebut secara resmi, dan itu merupakan spirit tersendiri baginya untuk memimpin Tanah Datar.

“Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami dan masyarakat Tanah Datar alek pacu kuda kali ini dihadiri tokoh-tokoh nasional, ini akan menambah motivasi bagi kami untuk berbuat dan memajukan Tanah Datar lebih baik lagi kedepannya,” tutur Eka Putra.

Sementara itu, Menhan RI Prabowo Subianto saat membuka resmi Pacu Kuda Wirabraja Open Race dan Tradisional tersebut mengatakan, pacuan kuda yang luar biasa, ribuan masyarakat tumpah menyaksikannya.

“Ini sungguh luar biasa, saya sangat berbahagia sekali. Saya gembira hadir di sini. Beberapa puluh tahun yang lalu ketika saya masih anak kecil juga pernah berada di lapangan ini, diusia lima tahun, boleh dikatakan kali ini saya pulang kampung,” tuturnya.

Prabowo menyebut, olah raga berkuda merupakan olah raga yang butuh keberanian, karena membutuhkan kerja sama antara manusia dengan kuda, dan olah raga berkuda juga merupakan olah raga kesatria.

“Saya juga tidak tahu ilmunya Pak Bupati Eka Putra ini yang juga merupakan sahabat saya, menjadikan saya ingin kembali lagi ke sini,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Prabowo juga berjanji akan membantu bibit-bibit kuda pejantan kualitas unggul dan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar mempersiapkan lokasi untuk pengembangan ternak kuda tersebut.

Selain itu, Prabowo juga meminta agar para joki yang berbakat untuk dibawa ke Jakarta sehingga bisa dilatih dengan olahraga ketangkasan berkuda.

Usai memberikan sambutannya, Menhan Prabowo Subianto didampingi Wamenaker Afriansyah Noor, Bupati Tanah Datar Eka Putra, Anggota DPR RI Andre Rosiade dan Mantan Mensesneg RI Yusril Ihza Mahendra melakukan parade keliling gelanggang pacu kuda Dang Tuanku menggunakan kendaraan khusus yang bernama Maung, untuk menyapa seluruh penonton yang berada di tribun penonton.

(em/pkp)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan