13 September 2022

Camat Lubuk Sikaping Masuk Enam Besar Penilaian Camat Berprestasi Tingkat Provinsi



PASAMAN, (GemaMedianet.com| Setelah terpilih menjadi yang terbaik di Kabupaten Pasaman, Camat Lubuk Sikaping selanjutnya mengikuti penilaian pada tingkat provinsi.

Camat Lubuk Sikaping, Nina Damayanti menjadi Wakil Kabupaten Pasaman yang masuk 6 Besar Camat Berprestasi dalam penilaian camat berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022.

Tim Penilai Kompetensi Camat Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari tiga orang pamong senior melakukan verifikasi lapangan ke kantor Camat Lubuk Sikaping, Selasa (13/9/2022).

Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Pemprov Sumatera Barat, Doni Rahmat Samulo membawa tim verifikasi lapangan yang terdiri dari Andri Yulika, SH, M.Hum (ketua tim), Drs. Alwis dan Drs. Mardi,MM (anggota) ini terkait dengan ekspos Camat Lubuk Sikaping Nina Darmayanti, S.STP, M.PA beberapa waktu yang lalu di Padang pada ajang kompetisi Camat se Propinsi Sumatera Barat.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, Kepala OPD di lingkup Pemkab Pasaman, Camat Se Kabupaten Pasaman, Forkompimca kecamatan Lubuk Sikaping, Wali Nagari se-Kecamatan Lubuk Sikaping Utara beserta perangkat, Ketua BAMUS, Ketua KAN beserta anggota, Para Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai dan Bundo Kanduang Nagari dan undangan lainnya.

Ketua Tim Penilaian Andri Yulika dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tim berharap penilaian ini bisa objektif sesuai dengan prestasi kinerja dan inovasi yang telah dijalankan di kecamatannya. Karena targetnya penilaian ini menjadi bagian evaluasi untuk mendorong kecamatan, agar semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kepada para camat, saya berharap agar terus berkoordinasi dan bersinergi agar sistem pemerintahan berjalan baik. Selalu mendorong dan melibatkan masyarakat agar tetap produktif, inovatif serta ikut bekerja keras membangun wilayahnya,” jelasnya.

Wakil Bupati Pasaman Sabar AS dalam sambutannya menyampaikan pemerintah telah berusaha untuk melakukan pembinaan dan evaluasi secara terpadu, pembinaan dan turun ke kecamatan-kecamatan. Kecamatan Lubuk Sikaping lah yang masuk menjadi Camat Teladan Se Kabupaten Pasaman dan Camat Lubuk Sikaping mampu menggali pontensi-potensi budaya.

Salah satunya, dalam rangka mewujudkan “Pasaman Berbudaya”, dan memajukan kesenian budaya nagari dan ekonomi kreatif berbasis keunggulan lokal di Kecamatan Lubuk Sikaping, maka diadakan Lubuk Sikaping Festifal (LusiFest) secara perdana pada tanggal 6-10 Mei 2022.

"Ini sebagai kegiatan penyambutan para Perantau Pasaman yang mudik saat Lebaran. Sekaligus membangun suasana kekerabatan yang berbasis tradisi dan berlandaskan falsafah adat basandi syarak syarak basandi kitabullah," tuturnya.

Kemudian, mampu mengadakan Pameran Bank Sampah secara perdana di Kabupaten Pasaman dalam rangka memperingati hari Peduli Sampah Nasional tanggal 21 Februari  tahun 2022," ujarnya mengakhiri.

Sementara, Camat Lubuk Sikaping Nina Darmayanti dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Tim Penilai Camat Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kecamatan Lubuk Sikaping. Dia berharap, semoga Kecamatan Lubuk Sikaping mendapatkan nilai terbaik, sehingga bisa mengikuti lomba tingkat selanjutnya.

"Dalam rangka mendorong motivasi aparatur Kecamatan Lubuk Sikaping dan seluruh nagari termasuk koordinator wilayah, untuk membangun Kecamatan Lubuk Sikaping menjadi kecamatan yang unggul, dicetuskanlah ide inovasi semboyan yaitu Santiang yang merupakan singkatan dari kata Sehat, Aman, Nyaman, Tertib, Inovatif, Asri, Normatif dan Gigih. Semboyan Lubuksikaping ini telah dilaunching oleh Bapak Bupati Pasaman pada tanggal 21 Januari 2021," ungkapnya.

Dalam mengikuti penilaian Camat Berprestasi ini, Kecamatan Lubuk Sikaping sebagai kecamatan ibukota dan kota pendidikan, maka camat melakukan inovasi dan melakukan terobosan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Ada beberapa inovasi dalam tiga bidang yaitu Bidang Pemerintahan berupa semboyan Lubuksikaping SANTIANG, KLIK KAMARI (Klinik Konsultasi Masalah Keuangan Nagari), SIKENCANA (Sistem Informasi Kecamatan dan Nagari), RAPOR NAGARI, JORONG PINTAR, KABA SIMONA (Kamis Bakaliliang Silaturahmi dan Monitoring Nagari).

Selanjutnya, Bidang Pelayanan CALADI (Calling kami apa yang ingin dibantu/dilayani), GEMETAR (Gemar Membaca Sambil Menunggu Antrian), Pojok Bermain Anak dan Ruang Laktasi, KATOKAN SAYANG MAS (Kami Tibo Berikan Surat yang Dibutuhkan Masyarakat).

Terakhir, Bidang Pembangunan yakni  Mendorong terbentuknya Bank Sampah Nagari, GOYONG DUMANG (Gotong Royong Terpadu Bersama Masyarakat Nagari), SAMBA LADO  (Sampah Buanglah Ditampeknyo).

Sedangkan prestasi Kecamatan Lubuk Sikaping semasa Camat Nina Darmayanti berupa kecamatan dengan Nilai SAKIP Terbaik I tingkat Kecamatan pada Tahun 2021 & 2022, Kecamatan Terbaik I dalam penilaian Kinerja SKPD Tahun 2020-2022 dan Kecamatan paling inovatif dalam ajang Inovasi Daerah Kabupaten Pasaman.

Di saat ditemui awak media Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Pasaman, Aksan,  menjelaskan, penilaian untuk camat berprestasi ini telah dilakukan sebelumnya. Dari hasil penilaian yang dilakukan lintas sektor ditetapkan camat terbaik, yaitu Camat Lubuk Sikaping.

“Sudah ada SK dari bupati untuk penetapan ini dan untuk yang terbaik mewakili Kabupaten Pasaman di tingkat provinsi. Kita berharap bisa memberikan yang terbaik dalam penilaian tersebut,” harapnya. 

(Noel)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR