11 April 2022

Ketua DPRD Sumbar Supardi Temui Demo Mahasiswa dan Tandatangani Dukungan Delapan Tuntutan

Ketua DPRD Sumbar Supardi Temui Demo Mahasiswa Dengan Delapan Tuntutan


PADANG, (GemaMedianet.com| Aksi demonstrasi mahasiswa yang dilaksanakan serentak di depan Istana Jakarta pada hari ini,  juga diikuti aksi serupa dari ribuan mahasiswa dan kelompok masyarakat di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin (11/4/2022).

Kedatangan ribuan massa itu hanya bisa sampai di depan gedung DPRD di kawasan Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang, karena terhalang adanya kawat berduri yang dipasang melingkari gedung DPRD Sumbar.

Adanya kawat berduri itu merupakan langkah antisipasi pihak kepolisian, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebagai akibat dari aksi demonstrasi dalam rangka penyampaian aspirasi masyarakat tersebut.

Kondisi itu membuat massa hanya bisa berorasi di sepanjang Jalan S Parman Ulak Karang depan gedung DPRD Sumbar dan meminta Ketua DPRD Sumbar datang mendengarkan aspirasinya.

Ada delapan tuntutan yang dibawa para mahasiswa itu yakni, pertama, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menolak dengan tegas masa perpanjangan jabatan tiga periode. Kedua, meminta pemerintah menstabilkan harga kebutuhan bahan pokok. Ketiga, soal BBM dan menurunkan harga minyak goreng. Keempat meminta kajian kembali UU IKN. Kelima, meminta pemerintah membatalkan kenaikan PPN. Keenam, mengkaji proyek strategis yang mengabaikan hak rakyat. Ketujuh, menolak keberadaan Otsus di Papua, dan kedelapan, mencabut pengesahan daerah operasi mencerminkan kesejahteraan rakyat.

Mereka juga membentangkan sejumlah poster dan spanduk diantaranya bertuliskan "Turunkan Harga Minyak, Tolak 3 Periode".

Ribuan massa yang tergabung dalam kelompok mahasiswa itu menamakan diri mereka Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Sumbar. Sedangkan kelompok masyarakat menyebut diri mereka Gerakan Masyarakat Sumbar.

Apa yang menjadi keinginan Aliansi BEM se Sumbar segera ditanggapi Ketua DPRD Sumbar Supardi. Lebih dari setengah jam kemudian, dengan didampingi Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir, Supardi menghampiri massa.

Kehadiran Ketua DPRD Sumbar itu sontak membuat massa mengelu-elukan politisi Partai Gerindra pada tersebut.

Bahkan, Supardi tidak saja hadir menemui ribuan pendemo, tapi membacakan langsung tuntutan mahasiswa dan menandatanganinya serta distempel DPRD Sumbar.

“Kita sangat merespon aksi ini dan tuntutan adik-adik mahasiswa mewakili masyarakat Sumbar. DPRD akan selalu hadir bersama masyarakat Sumbar, dan yakinlah, aspirasi adik-adik akan kami sampaikan ke Jakarta,” ungkap Supardi di kesempatan itu.

Supardi juga meminta Sekretariat DPRD untuk menstempelnya dan minta segera dikirimkan ke sekretariat negara di Jakarta.

Respon cepat Supardi yang disebut-sebut bakal jadi calon Walikota Payakumbuh ini, menuai apresiasi dan respon positif pada mahasiswa peserta aksi.

Usai menerima lampiran pernyataan sikap yang sudah diteken ketua dan distempel Sekretariat DPRD, para mahasiswa langsung membubarkan diri dengan tertib tanpa adanya aksi anarkis.

Hingga berita itu ditayangkan, aksi demo diketahui masih berlangsung. Pusat aksi saat ini berada di gerbang masuk DPRD Sumbar di Jalan Khatib Sulaiman. (mz)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Mario Syahjohan

Mario Syahjohan

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Rantau

HISTORIA



FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah






Adv