18 Maret 2022

Natalius Pigai Dukung Sikap Tegas dan Konsisten Puan Maharani Tolak Penundaan Pemilu

Natalius Pigai Dukung Untuk Menjaga Konstitusi



JAKARTA, (GemaMedianet.com) | Aktivis kemanusiaan yang juga mantan komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai menilai sikap tegas Puan Maharani yang menolak penundaan Pemilu patut didukung dalam konteks menjaga konstitusi.

"Kita setuju dengan Ibu Puan dalam konteks menjaga konstitusi, konsistensi waktu pelaksanaan Pemilu dan kepemimpinan periodik," kata Natalius Pigai, baru-baru ini.

Sebelumnya, ketua DPR RI Puan Maharani memastikan jadwal Pemilu tetap digelar tahun 2024 sebagaimana sudah disepakati antara DPR RI, pemerintah, dan penyelenggara Pemilu.

"Pimpinan DPR sesuai dengan mekanismenya, DPR dan pemerintah sudah menyepakati bahwa pemilu itu akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Jadi mekanisme yang sudah berjalan kita sepakati dahulu untuk kita jalankan dengan sebaik-baiknya," kata Puan menepis klaim Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan bahwa memiliki big data 110 juta warganet yang menginginkan Pemilu 2024 ditunda.


Diungkapkan Natalius Pigai, dalam konstitusi dan undang-undang, aturan Pemilu dan masa jabatan presiden sudah sangat jelas termuat, yakni Pemilu diselenggarakan setiap lima tahun sekali dan jabatan presiden maksimal dua kali 5 tahun.


Natalius Pigai berpandangan, upaya untuk mengotak-atik konstitusi demi melanggengkan kekuasaan tidak bisa dibenarkan dalam negara demokrasi seperti Indonesia.

"Kelestarian demokrasi, tidak bisa disandera dengan cara pandang dan pemikiran totaliter. Rakyat mesti pertahankan kedigdayaan demokrasi," tegas Pigai. (r)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan