19 Desember 2021

Deputi BNPB, Anggota DPR RI dan Bupati Tinjau Abrasi Sungai/Pantai dan Banjir di Padang Pariaman




PADANGPARIAMAN, (GemaMedianet.comCurah hujan dengan intensitas cukup hebat dalam dua hari terakhir ini mengakibatkan sejumlah sungai meluap, dan beberapa kawasan di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) terendam banjir.

Menurut data BPBD Kabupaten Padang Pariaman, hujan yang melanda Kabupaten Padang Pariaman sejak kemarin dengan intensitas sedang hingga lebat itu mengakibatkan meluapnya air Sungai Batang Ulakan dan menyebabkan banjir setinggi kurang lebih 1 - 1,5 Meter.

Kondisi itu berdampak pada ratusan rumah dan puluhan hektar sawah di Nagari Ulakan, Sandi, Kampuang Gelapuang dan Manggopoh Palak Gadang Kecamatan Ulakan Tapakih terendam banjir. Bahkan, hingga sore debit air masih mengalami kenaikan. 

Kondisi wilayah itu ditindaklanjuti oleh Anggota DPR RI John Kenedy Azis dengan mengajak Deputi BNPB Trigondo Tjahyono untuk meninjau langsung lokasi banjir, Sabtu (18/12/2021).

Beberapa lokasi bencana yang dikunjungi diantaranya abrasi sungai di Talao Mundam Kecamatan Batang Anai, lalu banjir di Kecamatan Ulakan Tapakis, dan abrasi pantai di Pasie Baru, Kecamatan Sungai Limau. 

Dalam peninjauan itu turut mendampingi Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis

Dalam kunjungan bersama itu John Kenedy Azis menjelaskan, abrasi sungai di Batang Anai telah merusak puluhan rumah sehingga warga banyak yang mengungsi dan diperlu ditangani cepat minimal dengan pemasangan plat besi. 

Sedangkan di Ulakan Tapakis terjadi banjir karena muara Sungai Batang Anai tertutup pasir, serta kondisi sungai yang berbelok-belok, sehingga perlu normalisasi dan pemasangan batu grip di sisi kiri dan kanan muara.

Tak hanya di Ulakan Tapakis, pemasangan batu grip juga harus dilakukan di Pasie Baru karena sudah merusak rumah warga serta mengancam sebuah sekolah dan perumahan yang berada di kawasan itu.

"Kita berharap BNPB dapat mencarikan solusinya agar bencana tidak berlanjut dan semakin parah," tukasnya.

Sementara Bupati Suhatri Bur menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Padang Pariaman untuk lebih berhati-hati dan tetap waspada, mengingat cuaca yang begitu ekstrem saat ini.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa, agar bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Padang Pariaman cepat berakhir.

Di sisi lain, Satgas TRC PB BPBD Kabupaten Padang Pariaman hingga saat ini dibantu masyarakat masih terus melakukan pendataan dan pengevakuasian warga pada titik-titik lokasi banjir dan tanah longsor. 

Sementara Dinas Sosial Kabupaten Padang Pariaman turut membantu mendirikan fasilitas dapur umum lapangan, serta menyediakan bahan makanan/nasi bungkus bagi masyarakat yang terdampak banjir di Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan. (mz)

#Editor : Uki Ratlon

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER


MENTAWAI

MANCANEGARA

Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA

pu

pu

FACEBOOK - TWEETER

Artikel


INFO GEMPA


BUMD


BUKITTINGGI



Adv

KARIR