05 July 2021

Polda Sumbar dan APAKB Gelar Lomba Ayam Kukuak Balenggek Piala Kapolda Sumbar Cup


SOLOK, (GemaMedianet.com|  Asosiasi Pecinta Ayam Kukuak Balenggek (APAKB) bersama Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) menggelar Lomba Ayam Kukuak Balenggek Piala Kapolda Sumbar Cup.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021 ini dipusatkan di Jorong Kubang Nan Duo Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok, Minggu (4/7/2021).

Masih dalam areal PT. Sirukam Lumbung Nagari, kegiatan lomba yang dimotori APAKB dengan Ketua Nardi Sumadi, Sekretaris Azrin Kifli Untung serta Pembina Direktur PT. Sirukam Lumbung Nagari Boy Ivan Muftialdi ini dibuka oleh Wakil Bupati Solok Jon F Pandu.

Pembukaan juga dihadiri langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH,

Turut hadir Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik, M.Si, Pejabat Polda Sumbar, Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, S.Ik, Dandim 0309 Solok Letkol Arm Reno Triambodo, Forkopimda Kab. Solok, Pejabat Polres Solok, Direktur PT. Sirukam Lumbung Nagari Boy Ivan Muftialdi, para Tokoh Masyarakat, Ninik Mamak dan peserta lomba Ayam Kukuk Balenggek.

Adapun jenis kelas yang dilombakan pada ayam khas dan telah menjadi Maskot Kabupaten Solok ini, yakni Kelas Boko (Minimal Kukuk 5 Lenggek ke atas), Kelas Landik (Minimal Kukuk 3 - 5 Lenggek), dan Kelas Jumlah Kukuk terbanyak dalam waktu lebih kurang 10 menit.

Sedangkan peserta Lomba "Ayam penyanyi" dengan suara kokok bertingkat (Balenggek) ini berasal dari komunitas (grup) Pecinta Ayam Kota/Kabupaten di Sumatera Barat. Diperkirakan jumlah peserta sebanyak 650 orang.

Meski demikian, para peserta dalam mengikuti kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dalam keterangan tertulisnya mengatakan, dengan adanya kegiatan Perlombaan Ayam Kukuak Balenggek ini dapat mempererat tali silaturahmi antar pencinta ayam di Sumatera Barat, sekaligus melestarikan perkembangan Ayam Kukuak Balenggek.

"Selamat bertanding, jalin terus silaturahmi dan lestarikan Ayam Kukuak Balenggek untuk masa yang akan datang," tutup Kapolda Sumbar mengakhiri kata sambutannya.(em/r)

#Editor : Uki Ratlon

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN


TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini





Ekonomi Bisnis



HISTORIA


IKLAN

IKLAN

Artikel



Adv

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA






KARIR