29 Mei 2021

FGD di Lantamal II, Stimulus Bagi Pelaku Usaha Keramba Jaring Apung Ikan Kerapu Wilayah Pesisir Sumbar



PADANG, (GemaMedianet.com| Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di wilayah Sumatera Barat (Sumbar), Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) Laksamana Pertama TNI Hargianto, SE, MM, M.Si (Han) mengadakan Focus Group Discussion (FGD), di gedung Nanggala Markas Komando (Mako) Lantamal II Jalan Bukit Peti Peti Teluk Bayur, Padang, Jum'at (28/5/2021).

FGD tersebut mengangkat Tema "Pemberdayaan Potensi Budidaya Jaring Apung Ikan Kerapu Dalam Pelaksanaan Program Kampung Bahari Nusantara Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir Di Wilayah Sumatera Barat".

FGD ini dihadiri Laksamana Madya TNI DR. IR. Harjo Susmoro, S.Sos, SH, MH, M.Tr (Han) sehari-hari merupakan Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas), DR Adrianof Caniago, Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Polda Sumbar, Korem 032/WBR, Letkol Purn DR Fauzi Bahar mantan Walikota, para akademisi, BUMN, pelaku usaha dan perwakilan para Mahasiswa.

FGD yang digagas Danlantamal ini juga menghadirkan tiga narasumber dari Akademisi, Stakehoulder dan pengusaha muda. Diantaranya Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Sumbar Ir Yosmeri, Ketua Jurusan Budidaya Perairan Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Usman Bulanin, M.Sc, dan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Brian Putra Bastara.

Turut hadir di kesempatan itu Wadanlantamal II Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi, SE, SH, MM, para PJU dan Kasatker Lantamal II.

Pada sesi door stop dengan awak media, Danlantamal menyampaikan, kegiatan FGD berkaitan dengan Kampung Bahari Nusantara yang akan dilaunching pada bulan Juli mendatang.

Dijelaskan, di Kampung Bahari Nusantara nanti ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, antara lain Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan cluster ekonomi termasuk Keramba Apung Jaring Ikan Kerapu.

Cluster sosial berupa khitanan massal bagi anak anak di daerah Sungai Pisang. Pelatihan selam bagi pemuda sekitar, yang merupakan cluster olahraga perairan.

Danlantamal juga menyampaikan, Ikan Kerapu dipilih dalam budidaya ini, karena menjanjikan ditinjau dari sudut ekonominya.

"Kita memiliki wilayah perairan yang cocok untuk pemeliharaan dan budidaya Ikan Kerapu," terang Hargianto.

Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan panitia juga menyiapkan hand sanitizer di masing-masing meja.

(Dispen Lantamal II)

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan