13 April 2021

Polda Sumbar Se-Jajaran Ungkap Lebih Seratusan Kasus Dalam Operasi Antik dan Jaran Singgalang 2021



PADANG (GemaMedianet.com Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) merelease pengungkapan seratusan kasus dari dua operasi yang digelar selama dua pekan pada bulan Maret dan April tahun ini. 

Kedua operasi tersebut, yakni Operasi Jaran Singgalang digelar sejak 1 hingga 14 maret lalu. Sementara Operasi Antik telah digelar sejak 30 Maret hingga 12 April lalu.

“Operasi Jaran merupakan upaya penanggulangan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), sedangkan Operasi Antik untuk penanggulangan penyalahgunaan Narkoba,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto dalam press release di Mapolda Sumbar, Selasa (13/4/2021) siang.

Di kesempatan itu Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik, didampingi Kaur Penum AKP Gunawan dan Paur Pensat AKP Henwel. 

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, dari pelaksanaan kedua operasi total kasus yang berhasil diungkap sebanyak 133 kasus, masing-masing 88 kasus dalam Operasi Antik, dan 45 kasus pada Operasi Jaran Singgalang. 

Ia merinci, untuk Operasi Jaran Singgalang berhasil diungkap sebanyak 45 kasus dengan 43 tersangka beserta barang bukti 1 unit kenderaan roda empat dan 60 unit kendaraan roda dua.

Satake menyebutkan, untuk Operasi Jaran Singgalang 2021 yang digelar polres-polres, pengungkapan kasus terbanyak adalah Polresta Padang. 

“Di Polresta Padang terdapat 12 kasus dengan 14 tersangka, dan barang bukti 1 mobil dan 22 sepeda motor,” ucapnya.

Sementara terbanyak kedua ditempati Polres Dharmasraya dengan sembilan kasus dan empat tersangka. Sedangkan barang buktinya sembilan unit sepeda motor. 

Kemudian terbanyak ketiga adalah Polres Pesisir Selatan dengan empat kasus dan empat tersangka. Barang bukti berupa tujuh unit ‎sepeda motor.

Satake menghimbau, bagi masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan silakan hubungi polres-polres terdekat untuk mengecek kendaraannya. 

“Selain ke polres-polres juga bisa mengakses ke situs E-Barang Bukti,” ujar Kabid Humas.

Mengingat tingginya angka Curanmor di wilayah hukum Polda Sumbar, Satake juga menghimbau agar masyarakat dapat memasang CCTV di tempat mana kendaraannya biasa diparkir.

Sementara untuk pengungkapan kasus dalam Operasi Antik Singgalang 2021, Polda Sumbar dan jajarannya juga telah mengungkap sebanyak 88 kasus, dengan 115 tersangka. Barang bukti yang berhasil disita berupa Ganja seberat 21,84 kilogram, Sabu 269,16 gram dan ekstasi
15 butir. 

Dia menyebut, dalam Operasi Antik, Polresta Padang juga menjadi Polres yang banyak melakukan pengungkapan kasus. 

"Ada 22 kasus, 32 tersangka dengan barang bukti 120,2 gram Ganja, 28,75 gram Sabu 
 dan 15 butir ekstasi,” tukasnya.(mr)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Terkini

Ekonomi Bisnis

HISTORIA

Adv

FACEBOOK - TWEETER

IKLAN

INFO GEMPA

IKLAN

Artikel

KARIR