06 March 2021

Wagub Musa Rajekshah Terima Kunjungan Resmi Dubes India



MEDAN (GemaMedianet.com- Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) menerima kunjungan resmi kenegaraan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti di Rumah Dinas Wagub Sumut, Jalan Teuku Daud, Medan, Rabu (3/3/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Wagub Musa Rajekshah dengan Manoj Kumar Bharti membahas beberapa hal yang berpeluang untuk dilakukan kerjasama, antara lain di bidang pariwisata, ekonomi, dan pendidikan.  

“Pertama saya senang, kita menyambut dengan gembira kehadiran Dubes India ke Sumatera Utara. Ini artinya memberikan informasi tentang apa yang ada di India dan bagaimana India juga ingin melihat peluang apa yang bisa dijajaki kerja sama di Sumut,” ujar Musa Rajekshah.

Dikatakan Musa Rajekshah, Pemerintah India menyediakan program beasiswa baik kepada mahasiswa maupun jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Diharapkan, melalui program beasiswa ini dapat membantu meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khususnya di Sumut.

“Ada program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah India, baik bagi mahasiswa maupun pemerintah, ini juga salah satu peluang karena kita ingin juga meningkatkan SDM masyarakat, dengan kualitas SDM yang baik, kita bisa juga berkompetisi ke depan dan juga membantu mengelola potensi daerah kita,” jelas Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Menyambut wacana Dubes yang ingin membantu pariwisata Sumut melalui industri film Bollywood, Ijeck mengapresiasi hal tersebut. Apalagi, di Sumut ada banyak destinasi wisata yang menarik, salah satunya Danau Toba, yang menjadi unggulan pariwisata Indonesia untuk internasional.

“Disampaikan film-film India juga bisa nantinya ke depan mengambil lokasi atau daerah untuk perfilmannya di Sumut, yang bisa membantu mempromosikan pariwisata kita,” jelas Ijeck.

Manoj Kumar mengaku sangat gembira bisa berkunjung ke Sumut. Menurutnya, Indonesia adalah salah satu mitra penting bagi India dalam bidang kerja sama politik, kelautan, ekonomi dan merupakan mitra yang strategis.

Disampaikan juga, kehadirannya di Sumut ingin menjajaki kerja sama di bidang perdagangan dan ekonomi, karena menurutnya, Sumut saat ini terus berkembang. “Pertama adalah potensi perdagangan dan ekonomi antara India dan Indonesia, khususnya Sumut sangat besar. Sumut saat ini terus berkembang membangun berbagai infrastruktur, dan ada banyak perusahaan India yang cukup berpengalaman untuk dapat turut serta mengembangkan infrastruktur di Sumut,” ujar Manoj.

Manoj juga mengagumi keindahan alam di Sumut. Untuk itu, dirinya ingin Sumut menjadi salah satu lokasi dalam Industri Film India yang dikenal dengan Bollywood. Diharapkan, dengan kerja sama di bidang pariwisata ini, bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara India ke Sumut.

“Kita ingin keindahan Sumatera Utara bisa tampil lebih banyak lagi di dalam Industri Perfilman India agar 1.3 miliar penduduk India bisa melihat Sumatera Utara. Kita akan minta sutradara dan produser India untuk bisa datang ke sini dan melihat potensinya. Hal ini kita harapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dari India ke Sumut,” jelas Manoj Kumar.

Hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya Konsulat Jenderal India Medan Raghu Gururaj, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Effendy Pohan, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Basarin Yunus Tanjung, serta rombongan Dubes.(infosumut/humas) 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN


TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini





Ekonomi Bisnis



HISTORIA


IKLAN

IKLAN

Artikel



Adv

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA






KARIR