07 March 2021

"Mamiliah Badunsanak" begitu slogan dalam pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua Karang Taruna (KT) Keluraha Padang Karambia

 


Payakumbuh - "Mamiliah Badunsanak" begitu slogan dalam pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua Karang Taruna (KT) Keluraha Padang Karambia yang dilaksanakan bak pemilihan Kepala Daerah ini, yang dilaksanakan di MTI Tarbiyah Padang Karambia, Minggu (07/03).


Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, Lurah Padang Karambia Budiarto mengatakan pemilihan seperti ini dilakukan agar dikemudian hari tidak ada lagi masyarakat yang komplen atas pemilihan ketua LPM dan KT untuk periode 2021-2026 karena tidak sesuai dengan harapan mereka.


"Biasanya kan hanya perwakilan dari setiap RT /RW dan Tokoh Masuarakat saja yang memeilih, jadi sekarang kita merubah pola yang biasanya dan melibatkan langsung seluruh warga Padang Karambia supaya mereka bisa menentukan pilihan masing-masing," kata Lurah Padang Karambia Budiarto kepada media dilokasi pemilihan.


"Sebelumnya masyarakat juga telah mendengar visi dan misi dari masing-masing calon, dan hari ini mereka memilih di TPS yang telah kita sediakan," tambahnya.


Budi menyebut pihak kelurahan juga telah membentuk Petugas Penyelenggara Pemungutan Suara (PPPS) yang akan bertugas pada hari "H" nanti, sedangkan untuk logistik pemilihan sendiri penyelenggara meminjam ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh.


"Sedangkan untuk C Pemberitahuan (undangan untuk memilih-red) yang kita distribusikan disana sudah diatur jadwal memilihnya agar tidak menimbulkan kerumunan masyarakat dan kita juga menyediakan bilik khusus untuk pemilih yang suhunya diatas 37 derajat celcius," ungkapnya.


Lebih lanjut Budi menjelaskan, "Semua ini kita seting seperti pemilihan Kepala Daerah Kemaren, mungkin pemelihan seperti ini yang pertama kali di Payakumbuh atau bisa jadi yang pertama kali juga di Sumatera Barat," lanjutnya sambil tersenyum.


Ketika mengunjungi lokasi Pencoblosan Camat Payakumbuh Selatan L. Kefrinasdi mengatakan ini merupakan momen yang sangat luar biasa, dimana masyarakat bisa langsung pemilih ketua LPM dan KT secara lansung.


"Melihat antusiasme masyarakat, atas nama Kecamatan Payakumbuh Selatan saya sangat bangga sekali, dan memberikan apresiasi karena dengan pemilihan seperti ini akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas seperti yang diharapkan masyarakat," ucap Camat Payakumbuh Selatan.


Sementara itu Dewan Pimpinan Cabang LPM Kota Payakumbuh Doni Saputra memberikan suport dan dukungan atas gebrakan yang dilakukan oleh Kelurahan Padang Karambia untuk pemilihan ketua LPM dan KT yang lebih demokratis.


"Karena LPM merupakan mitra kerja dari kelurah di lapangan, maka ketuanya harus sesuai dengan keinginan masyarakat, harapannya LPM terpilih nanti bisa bekerja sama dengan kelurahan agar pembangunan di keluraha ini lancar," ujarnya.


Dikesempatan itu juga Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Yonaldi mengatakan sesuai dengan temanya melalui pemilihan ini akan tercipta kepengurusan yang solid dan efektif, karena yang memilih langsung dari seluruh lapisan masyarakat.


"Kita ingin nantinya lahir kepengurusan yang mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan bisa membawa KT Padang Karambia menjadi karang taruna yang bisa dibanggakan untuk seluruh lapisan masyarakat," katanya.


Yonaldi mengharapkan, "Untuk kedepannya seluruh kelurahan yang akan memilih kepengurusan KT yang baru bisa mencontoh pemilihan seperti ini yg lebih demokrasi dan visi misi yang jelas," harapnya


Saat temui media Busra Algeri yang juga mantan ketua LPM Padang Karambia mengatakan dengan pemilihan layaknya Pilkada ini merupakan sebuah gebrakan besar untuk memilih pimpinan ditingkat kelurahan dan semoga bisa menjadi contoh untuk kelurahan lainnya di payakumbuh khususnya.


"Dengan pemilihan ketua LPM dan KT yang badunsanak ini mudah-mudahan dapat terpilih ketua yang bisa mengayomi masyarakat dan bekerja sama dengan pihak kelurahan untuk kemajuan daerah kita," imbuhnya.


Sementara itu Ketua Panitia pemilihan Yudi Nelta menyebut pihaknya menyediakan surat suara sebanyak 1.000 lembar untuk masing-masing pemilihan dimana untuk wajib pilih berusia 13 tahun keatas dan unruk menarik minat pemilih panitia juga menyediakan dorprice.


"Setiap pemilih akan menerima dua surat suara dan untuk dorprice sendiri berasal dari swadaya masyarakat dan ada juga dari ketua Darma Wanita Payakumbuh Ny. Cece Rida Ananda," pungkasnya. (CAN) 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Terkini

Ekonomi Bisnis

HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER

IKLAN

INFO GEMPA

IKLAN

Artikel

KARIR