14 January 2021

Mario Syahjohan Terharu, Setelah 50 Tahun Pengendalian Banjir Sungai Batang Suliti Tahun Ini Dikucurkan Senilai 48,2 M


SOLOK SELATAN, 
(GemaMedianet.com
)  Derita masyarakat di berbagai jorong yang terus terkena dampak banjir luapan Sungai Batang Suliti, Solok Selatan, Sumatera Barat sejak 50 tahun terakhir, tahun ini perlahan mulai terobati.

Pasalnya, tahun ini juga pemerintah melalui kementerian terkait mengucurkan anggaran sebesar Rp.48,2 miliar untuk pembangunan sarana dan prasarana (sapras) pengendalian banjir di wilayah tersebut. 

"Ya, tahun ini Insyaallah pemerintah melalui BWSS V Sumatera akan menormalisasi Sungai Batang Suliti. Apalagi sungai ini memang sudah harus menjadi skala prioritas, karena dampaknya sangat luar biasa terhadap kehidupan masyarakat sejak 50 tahun terakhir ini," ungkap Mario Syahjohan, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat asal daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Solok Selatan ini kepada GemaMedianet.com di Padang, Selasa (11/1/2021).

Mario menyebutkan, dari hasil peninjauan bersama Komisi IV DPRD Sumatera Barat pada Agustus 2020 lalu, memang Sungai Batang Suliti sudah sangat mendesak untuk dinormalisasi karena berdampak luas pada ribuan masyarakat yang terkena imbasnya sepanjang tahun.

"Sedikit saja hujan, banjir langsung menggenangi rumah masyarakat. Intensitas hujan yang cukup tinggi juga ikut mempengaruhi banjir, yang terkadang berlangsung per tiga hari. Masyarakat, bahkan saya sendiri sejak kecil sudah berteman dengan banjir," kata Politisi Partai Gerindra yang terharu mengenang masa kecilnya, dan bertekad "membangun dari pinggiran" ini.

Berdasarkan hasil kunjungan yang ikut menghadirkan BWSS V dan Dinas PSDA Sumbar serta instansi terkait lainnya itu, Komisi IV DPRD Sumbar "jemput bola" ke pusat karena tak ingin kondisi yang dialami masyarakat jorong setempat terus berlarut-larut tahun demo tahun.

"Bersama-sama kita terus mengupayakan agar kondisi yang dialami masyarakat jorong selama 50 tahun itu, segera dituntaskan akibat terdampak banjir luapan Sungai Batang Suliti. Kita "jemput bola" dengan meminta perhatian pemerintah melalui kementerian terkait dan BNPB," terang Mario.


Upaya Komisi IV DPRD Sumbar itu, ternyata berbuah manis. Tahun 2021 ini, pemerintah melalui kementerian terkait menggelontorkan dana untuk menormalisasi kondisi Sungai Batang Suliti.

BACA JUGA : Dua Sungai Meluap, 1554 Jiwa Warga Solok Selatan Terdampak Banjir

Mario menyebutkan, dari informasi yang ia terima, untuk kegiatan normalisasi sungai itu tengah dalam proses tender di pusat. Kegiatannya dalam bentuk paket Pembangunan Sarana/Prasarana (Sapras) Pengendalian Banjir Pertemuan Sungai Batang Bangko dan Batang Suliti.

"Anggaran yang akan dikucurkan untuk kegiatan pengerjaan pertemuan Sungai Batang Bangko dan Batang Suliti sebesar Rp.48,2 Miliar. Tentu, langkah yang dilakukan oleh kementerian terkait ini patut kita syukuri dan apresiasi," ujar Mario dengan mimik wajah ceria.

Selain itu, lanjut Mario, informasi lainnya juga dianggarkan Pembangunan Embung untuk kawasan Jorong Lasuang Batu Nagari Kapau Alam Pauh Duo Nagari Kecamatan Pauh Duo sebesar Rp.15 Miliar.

"Diketahui, untuk pembangunan embung sebesar Rp.13,5 Miliar, sedangkan supervisi sebesar 1,5 Miliar. Semoga proses kegiatannya berjalan lancar," tukas mantan Ketua KONI Solsel dua periode ini. 

Tak lupa pria enerjik ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berjuang bersama Komisi IV DPRD Sumbar dalam menyalurkan aspirasi masyarakat Solok Selatan hingga dianggarkannya pengendalian banjir pertemuan Sungai Batang Bangko dan Batang Suliti. 

"Semoga kegiatan pembangunan Sapras pengendalian banjir pertemuan Sungai Batang Bangko dan Batang Suliti ke depan dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan harapan bersama," harap Mario. (UK1

2 komentar:

  1. Jorong Lasuang batu,Nagari Kapau alam Pauh Duo,Kecamatan Pauh Duo Pak Pers🙏

    ReplyDelete

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR