24 Oktober 2020

Dekranasda Sumut Dorong Ekonomi UKM di 33 Kabupaten/Kota



MEDAN, (GemaMedianet.com)  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat memberikan bantuan kepada pelaku UKM di 33 kabupaten/kota. Bantuan ini diharapkan mampu mendorong perekonomian UKM dan keluarga di tengah pandemi COVID-19.

Hal ini sejalan dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 tentang Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bantuan itu secara simbolis diserahkan Ketua Dekranasda Sumut Nawal Edy Rahmayadi masing-masing kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Karo Sariati Terkelin Brahmana, Ketua Dekranasda Kabupaten Batubara Maya Zahir dan Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Langkat Endang Syah Afandin, di Posko Satgas Penanganan COVID-19 Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat (23/10/2020). 

Turut hadir di kesempatan itu, Ketua Dharma Pertiwi Sumut Neneng Irwansyah dan perwakilan Bhayangkari.

Ketua Dekranasda Sumut Nawal Edy Rahmayadi berharap, UKM mampu bertahan di masa sulit ini, dan meningkatkan kemampuan ekonomi menjalankan usahanya. 

Selain itu, juga ada sebagian perajin kriya yang bisa alih usaha untuk mempertahankan perekonomiannya, kata Nawal usai acara pemberian bantuan secara simbolis.

Dijelaskan, ada 600 paket yang diberikan untuk pelaku usaha binaan Dekranasda, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, usaha kecil binaan Bhayangkari daerah Sumut, dan Dharma Pertiwi Sumut. Bantuan yang diberikan berupa peralatan memasak seperti tabung gas dan perlengkapannya, kuali, gelas, pisau, dandang dan lainnya. Ada juga bahan makanan seperti gula, tepung terigu, minyak goreng dan juga bubuk teh dan juga gerobak untuk berjualan.

Menurutnya, bantuan kali ini masih yang pertama, nanti berikutnya akan ditambah lagi sekitar 500 paket, jadi total sekitar 1100 paket. 

"Kami berharapan penerima bantuan dapat memanfaatkan ini dengan maksimal, sehingga bisa membantu perekonomian keluarga di masa pandemi,” tambah Nawal.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ridha Haykal Amal mengatakan, saat ini Pemprov Sumut dan Dekranasda fokus kepada pelaku usaha kuliner karena mayoritas ibu rumah tangga bergerak di bidang ini. Selain itu, kuliner juga masih memiliki daya tarik yang cukup besar bagi masyarakat. Dengan begitu, ibu rumah tangga yang juga pelaku usaha bisa membantu perekonomian keluarga.

“Di tengah masa-masa yang sulit seperti ini, kita arahkan bantuan ke usaha kuliner dan bantuan-bantuan ini diberikan ke Dekranasda kabupaten/kota yang kemudian disalurkan ke pelaku usaha di daerah masing-masing,” kata Ridha.

#Editor : Uki Ratlon l Humas Sumut 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan