31 Agustus 2020

Dasawisma Kemiri 8 Panti Terima Alat Pengolahan Sampah CSR PT Semen Padang


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Sebanyak 20 unit alat pengolahan sampah diberikan PT Semen Padang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Dasawisma Kemiri 8, Jorong Sentosa, Nagari Panti, Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman, Senin (31/8/2020).

Bantuan diberikan sekaitan program wanita peduli sampah, terutama bagi kalangan Ibu rumah tangga di daerah itu. Bantuan diserahkan oleh Direktur PT Semen Padang melalui staf Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang, Jayus Karnedi kepada Ketua Dasawisma Kemiri 8, Irawati di halaman Kantor Camat Panti.

"Ini merupakan salah satu komitmen PT Semen Padang terhadap lingkungan di sekitar dan menunjang program wanita peduli sampah di Pasaman," kata Staf CSR PT Semen Padang, Jayus Karnedi usai penyerahan bantuan.

Jayus Karnedi berharap, alat pengolahan sampah yang diberikan sebanyak 20 unit ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

"Kita berharap masyarakat terutama bagi ibu rumah tangga pada Dasa Wisma Kemiri 8 dapat memanfaatkan alat pengolahan sampah tersebut dengan baik, serta menjaga dan merawatnya," pintanya.

Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Suryani Yusuf Lubis yang menerima bantuan tersebut mewakili Pemkab. Pasaman menjelaskan, bahwa program wanita peduli sampah di Provinsi Sumatera Barat telah dimulai pada Tahun 2018.

"Dalam pengelolaan sampah terutama sampah rumah tangga, wanita sangat berperan penting. Kaum ibu adalah sosok utama yang menjaga kebersihan dan keindahan rumah tangga dan lingkungan disekitarnya," kata Suryani.

Menurutnya, pengelolaan sampah yang dapat dilakukan secara sederhana di rumah tangga antara lain pemilahan sampah bisa terpilah 3 jenis atau terpilah 5 jenis sampah, membuat kompos dari sampah-sampah organik serta memanfaatkan sampah an organik menjadi barang-barang daur ulang yang dapat digunakan kembali.

Karena itu, salah satu pelaksanaan program Wanita Peduli Sampah ini adalah penyerahan bantuan peralatan pengelolaan sampah kepada dasawisma. Dan dari hasil verifikasi bersama antara Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasaman dan TP-PKK Kabupaten Pasaman, maka ditunjuk Dasawisma Kemiri 8 sebagai penerima bantuan peralatan pengelolaan sampah tersebut.

"Dasa Wisma Kemiri 8 ini termasuk Dasa Wisma yang berprestasi. Dasa Wisma Kemiri 8 ini juga merupakan Juara 1 dasa wisma berprestasi tingkat Kecamatan Panti, Juara Harapan II Dasa Wisma berprestasi tingkat Kabupaten Pasaman, dan Juara 1 Lomba Nagan Bersih dan Hijau tingkat kecamatan Panti Tahun 2020," kata Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman itu.

Suryani berharap dengan bantuan vang diterima ini Dasa Wisma Kemiri 8 dapat melakukan pengelolaan sampah rumah tangga sendiri secara berkelanjutan dan menjadi contoh untuk Dasa Wisma yang lainnya di Kabupaten Pasaman.

Sementara itu, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengucapkan terimakasih kepada PT. Semen Padang atas bantuan alat pengolahan sampah tersebut, semoga ke depan bantuan ini terus berkelanjutan.

Selain itu, bantuan alat pengolahan sampah itu akan dimanfaatkan oleh Dasawisma Kemiri 8 terutama bagi ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah, terutama sampah rumah tangga di daerah ini.

"Mudah-mudahan, dengan adanya alat pengolahan sampah ini ke depan para Ibu rumah tangga di daerah ini dapat memanfaatkan sampah an organik menjadi barang-barang daur ulang yang dapat digunakan kembali," tandasnya.

Turut hadir pada kesempatan itu. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasaman, Camat Panti, Ketua TP-PKK Kecamatan Panti beserta Anggota, Wali Nagari Panti dan Ketua TP-PKK Nagari Panti beserta Anggota serta undangan lainnya. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan