25 July 2020

Rakerda dan Diskusi Panel PD DMI Padang, Satukan Persepsi Padang Bangkit Bersama Masjid


PADANG, (GemaMedianet.com— Dalam rangka penyusunan program kerja lima tahun ke depan, sekaligus program kerja tahunan 2020-2021, Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kota Padang menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Diskusi Panel dengan tema "Memakmurkan masjid dan dimakmurkan masjid (Padang bangkit bersama masjid)".

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Walikota Padang, diwakili Kabag Kesra Amriman M, S.Pd, MM di Aula Bank Nagari Cabang Utama, Padang, Sabtu (25/7/2020) pagi.

Ketua Umum PD DMI Kota Padang, Maigus Nasir mengatakan, selain amanat konstitusi, Rakerda ini sekaligus menjadi momentum membangkitkan kembali aktifitas masjid. Setelah sempat ada yang terhenti, atau tidak maksimal akibat bencana non alam Covid-19 beberapa bulan terakhir.

Melalui Rakerda ini, sebut Maigus Nasir, PD DMI Kota Padang menggerakkan kembali seluruh pengurus masjid segera kembali membangkitkan segala aktifitas, mulai sholat berjamaah, Sholat Jum'at, wirid pengajian, sholat Idul Adha, Qurban dan lain sebagainya.

"Bangkitkan kembali gairah, Bangkitkan kembali rasa cinta, Bangkitkan kembali semangat memakmurkan masjid di berbagai hal," ujar Buya Maigus, sapaan akrab Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat ini.

Serangkaian itu, lanjut Maigus, ada dua program unggulan DMI Kota Padang ke depan terkait idarah dan imarah masjid.

Dijelaskan, Idarah berkaitan dengan pengelolaan administrasi dan manajemen masjid seperti legalitas dan pemetaan. Sedangkan dalam rangka Imarah akan disusun program kemasjidan.

"Bagaimana masjid jadi pusat peradaban umat, sehingga dari masjid kita berharap segala aktifitas pemberdayaan masyarakat baik yang berkaitan dengan idarah, imarah dan ri'ayah. Maupun pemberdayaan ekonomi umat yang terpuruk di masa Covid-19," terangnya.

Buya Maigus berharap melalui Rakerda dan Diskusi Panel yang dilaksanakan kali ini didapatkan kesamaan persepsi bagi kemajuan dan kebangkitan ekonomi syari'ah umat.


"Untuk itu lah kita mengangkat tema Padang Bangkit bersama Masjid (Fii masajid illal masjid)," tukasnya.

Sementara Wali Kota Padang yang diwakili oleh Kabag Kesra Amriman menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap pergerakan DMI Kota Padang,

"Semoga nanti bisa jadi percontohan bagi daerah lainnya," ujarnya.

Amriman juga menyebutkan, Pemko Padang ke depan akan memberikan tunjangan kepada Imam dan Khatib Masjid.
Menurutnya, tunjangan itu direncanakan antara Rp.7,5 juta sampai 10 juta. Syarat dan qualifikasinya tentu kita serahkan sepenuhnya kepada MUI dan DMI Kota Padang.

"Kita akan siapkan anggaran, dengan 12 masjid percontohan, agar selanjutnya dapat menjadi pembanding bagi masjid-masjid yang lainnya," terang Amriman.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Rakerda dan Diskusi Panel, M Fikar Datuk Rajo Magek S.Ag, MM, M.Pd melaporkan,  Rakerda dan Diskusi Panel DMI Kota Padang diikuti 150 orang peserta, terdiri 5 orang pengurus masing-masing kecamatan dan ditambah dari Pemko dan KUA. Sedangkan narasumber berasal dari kalangan akademisi, Kepala Devisi Syariah Bank Nagari Azmi, Kakan Kemenag Marjanis dan Badan Pertanahan Nasional.

Di kesempatan itu M Fikar Dt. Rajo Magek, yang juga Sekretaris Umum DMI Kota Padang ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemko Padang dan Bank Nagari yang telah mendukung penuh terselenggaranya Rakerda dan Diskusi Panel.

"Ke depan kita harapkan, DMI Kota Padang benar-benar dirasakan kehadirannya oleh seluruh umat muslim dan jemaah masjid," tukasnya.

Datuk M. Fikar menghimbau, sekarang ini masyarakat telah diberikan peluang untuk melakukan berbagai aktifitas di tengah pandemi Covid. Namun dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Hal itu salah satu pertimbangan Peraturan Wali Kota (Perwako) Padang Nomor 49 Tahun 2020 atas keberlangsungan kegiatan masyarakat di sektor perekonomian, pendidikan, sosial, budaya, keagamaan, transportasi dan pelayanan publik.

Oleh karena itu, agar kebaikan dan kemuliaan dalam bermuamalah, berubudiyah maka masjid lah wadahnya.

"Mari kita bangun ekonomi syari'ah dimulai dari Masjid dan kita bangkit bersama Masjid,  ajaknya. (UK1) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER