31 May 2020

Irwan Basir Apresiasi Gerakan Goro Masyarakat Delima Hadapi Pandemi Covid-19


PADANG, (GemaMedianet.com— Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM sekaligus Ketua Penasehat BMPN Pauh IX Kuranji memotivasi warga Blok A Perumnas Belimbing Kuranji untuk melaksanakan gotong-royong (Goro) membersihkan lingkungan RT. 01 sampai RT.08 di RW.08, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sabtu (30/5/2020).

Pantauan media di lapangan, atas kedatangan Irwan Basir Datuk Rajo Alam dalam kegiatan goro tersebut disambut antusias warga setempat.

Di kesempatan itu, Irwan Basir menyampaikan, kegiatan goro ini merupakan bagian program kegiatan LPM, dalam memberdayakan masyarakat terutama membersihkan lingkungan khususnya di RT. 05 sampai dengan RT 08 di wilayah RW.08 Perumnas Belimbing Kelurahan Kuranji.

Dalam kegiatan goro ini, sebutnya, semua warga harus meninggalkan status dan kasta masing-masing guna menyingsingkan lengan baju melaksanakan goro bersama. 

Baca Juga : Bantu Dunsanak Suku Jambak Gunung Pangilun, Irwan Basir Ajak Patuhi Himbauan Pemerintah

"Warga diharapkan tidak lagi mengedepankan status, tapi bagaimana membangun kebersamaan dalam suasana gotong royong," ungkapnya.

Irwan Basir di kesempatan itu sanubari gat mengapresiasi kekompakan masyarakat Delima Blok A bergotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

"Saya sangat apresiasi semangat gotong royong terus digaungkan, terutama di tengah situasi  menghadapi wabah Virus Corona Covid-19," ujarnya.

Lebih jauh Irwan Basir, memang daerah ini sebelumnya merupakan Nagari Pauh IX, sebelum suasana pemerintahan nagari luar Padang Kota, Kabupaten Padang Pariaman. Namun, kini nagari sudah masuk dalam administrasi pemerintahan kota, sehingga pemerintahan terendah adalah kelurahan dibantu RW dan RT. 

Namun, rasa sistem kekerabatan adat masih kental. Maka, warga di sini meninggalkan embel-embel kasta masing masing. Artinya, ditinggalkan dusanak dicari dusanak.

Terbukti, semangat goro antar masyarakat telah banyak dilakukan. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk aksi kepedulian dan solidaritas terhadap sesama, baik dalam rangka melawan Covid-19 maupun bersatu mengurangi beban perekonomian masyarakat.

“Tidak hanya peduli mengatasi Covid-19 namun juga kepedulian agar roda ekonomi masyarakat tetap bergerak dan berputar serta adanya berbagai bantuan kemanusiaan, sikap gotong royong ini memang sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini,” imbuhnya.


Sementara itu, Ketua BMPN Pauh IX Kuranji, M Fikar Datuk Rajo Magek, S. Ag, MM menyampaikan, kegiatan gotong royong ini sudah berlangsung selama 1 Minggu mulai dari tanggal 25 April hingga 31 Mei 2020 di Perumnas Belimbing Blok A. 

Menurutnya, kunci dari pengendalian wabah Covid-19 adalah kedisiplinan dan gotong royong dari seluruh elemen masyarakat untuk melakukan upaya-upaya pencegahan.

“Disiplin yang kuat mematuhi peraturan dan semangat gotong rotong untuk saling membantu. Hal ini harus dilaksanakan secara bersama-sama dan terus menerus, tidak boleh terputus," ujarnya. 

Datuk M Fikar didampingi Ketua RW.08 Kadril Rajo Darek, SH menyampaikan, gotong-royong ini merupakan bagian dari program LPM dalam memberdayakan masyarakat. Diantaranya dalam bentuk menciptakan kebersihan di lingkungan masing-masing, dan terima kasih bantuan terhadap warga senilai Rp.500 ribu untuk memotivasi warga melaksanakan gotong royong. 

“Goro ini bagian program kegiatan LPM, dalam memberdayakan masyarakat terutama dalam membersihkan lingkungan khususnya di RT 05/08 Perumnas Belimbing Kelurahan Kuranji,” ujar M Fikar.

Selain itu, M Fikar berharap rasa kemanusiaan dan gotong royong terus ditunjukkan dengan selalu membantu, tidak mengucilkan dan tidak memberikan stigma negatif terhadap tetangga yang terpapar covid-19. 

"Sebaliknya, beri dukungan moral, sosial dan ekonomi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan diri penderita Covid-19," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris BMPN Pauh IX Kuranji sekaligus Ketua RW.08 Kadril Rajo Darek, SH mengatakan, pengawasan ketat di setiap RT.01 sampai RT.08 di RW.08 mampu memutuskan mata rantai penyebaran wabah Covid-19. 

Menurutnya, Perumahan Delima, Belimbing harus mampu memanfaatkan organisasi pemerintahan yang bagus ini untuk mencegah penularan masif.

Organisasi yang juga menjangkau setiap RT, sebutnya, adalah Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Sedang di level warga dan kelurahan ada berbagai organisasi yang bisa dikerahkan untuk memerangi wabah Covid-19. Yakni organisasi kemasyarakatan termasuk kepemudaan, dan sebagainya. 

"Upaya pencegahan sebaran Covid-19 melalui rapid test atau pemeriksaan cepat dan massal, serta penelurusan kontak yang cepat, tidak akan berhasil apabila tidak melibatkan berbagai elemen masyarakat," ujarnya.

Kadril Rajo Darek di kesempatan itu menyampaikan terimakasih kehadiran Duo Datuk, Irwan Basir dan M Fikar, yang terus peduli membantu kegiatan masyarakat, khususnya dalam kegiatan gotong royong bersama warga Delima Blok A, Perumnas Belimbing. 

"Semoga Bapak Irwan Basir dan M Fikar selalu diberikan kesehatan dan selalu dimurahkan reziki," pungkasnya.

#Red : Uki  l  Humas LPM Kota Padang

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER