14 Februari 2020

Prospek Bagus Usaha Agrobisnis Pertanian, Hendra Saputra SH, M.Si Telah Lama Berbuat


KAB.SOLOK, (GemaMedianet.com—  Minat masyarakat terhadap produk buah lokal, semakin meningkat, sehingga menjadikan usaha agrobisnis bidang pertanian, memiliki prospek bagus. Terlebih lagi menyoal bisnis pembibitan, juga menunjukan prospek yang sama. Tentunya, bila dijalani dengan profesional.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat bidang usaha pertanian, membuat para petani mulai banyak menggelutinya. Seperti usaha pembibitan berbagai jenis tanaman buah. 

"Bisa dipastikan, apabila adanya dukungan dari pemerintah daerah dalam konsep skala prioritas melalui dinas pertaniannya, tentulah akan lebih menguntungkan lagi," Sebut Nazaruddin Datuak Rajo Nan Gadang, Tokoh masyarakat Bukit Sileh Kecamatan Lembang Jaya.

Menurut Datuak, usaha pembibitan tanaman buah tidak perlu menggunakan lahan yang luas. Sebab usaha ini lebih efisien, cepat terjual dan menguntungkan. 

Selain itu, petani pembibit bisa menentukan harga jual dengan tidak tergantung pada biaya produksi. Artinya, bisa ditentukan dari ukuran bibit dan kualitas. 

Salah satu strategi yang dilakukan agar usaha ini bisa tetap eksis adalah, dengan terus menjaga mutu bibit tanaman buah. Terutama keaslian indukan terbaik, paparnya.

“Selama ini mengenai keaslian bibit, Alhamdulillah tetap melalui indukan terbaik,” imbuhnya.


Selanjutnya, menurut Datuak Nazar, pembibitan tanaman buah sangat mudah dilakukan. Hanya saja yang menjadi tantangan para pelaku pembibitan sekarang ini, baik di pasar lokal maupun luar, ialah kesanggupan menyediakan bibit unggul dan bibit yang sedang trend dalam jumlah yang banyak dan kontinyu.

"Menyeimbangi hal sedemikian. Untuk sementara ini, petani pembibit melakukan dengan cara berbagi informasi serta menjaga komunikasi sesama antara petani," terangnya.

Dalam memperbesar omzet, selusi sementara yakni dengan berusaha meminimalisir biaya dan mengefisiensikan produksi. Selanjutnya, memberdayakan masyarakat petani dalam memproduksi dan merawat bibit, terangnya lagi.

Jujur saja, kata Nazaruddin Datuak Rajo Nan Gadang, usaha pembibitan yang digeluti oleh para petani disini. Seperti durian, alpokat, mangga, jengkol, petai dan buah-buahan lainnya. Semua itu tak terlepas dari peran dan dukungan Bakal Calon Bupati Solok Hendra Saputra SH, M.Si selama ini, akunya menjelaskan.

Dikatakan Balon Bupati Solok, Hendra Saputra SH, M.Si, Kamis (13/2/2020), membangun usaha pembibitan sama halnya dengan membangun sebuah kepercayaan. Sekali kita dapat memuaskan pelanggan, maka pelanggan tersebut dikemudian hari akan loyal dan terus menjadi pelanggan bibit yang kita hasilkan. Karena itu ketika kita memulai bisnis ini, bangunlah terlebih dahulu reputasi dan kepercayaan pelanggan. 

"Bagi para petani yang ingin atau hendak memulainya, ada beberapa tips atau cara termudah dalam menjalankannya," kata Hendra. (Rel/Mal)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan