16 Mei 2019

Disdag dan Baznas Bagikan 30 Ribu Voucher Ramadhan Rumah Tangga Miskin Melalui Masjid/Mushalla


PADANG(GemaMedianet.com—  Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perdagangan (Disdag) bekerjasama dengan Baznas Kota Padang kembali menggelar pasar murah atau bazar sembako dalam rangkaian program kegiatan Semarak Ramadan di tahun 1440 H /2019 M.

Kegiatan yang digelar untuk kesepuluh kalinya ini bertujuan meringankan penderitaan masyarakat kurang mampu di saat Ramadhan hingga lebaran. Sekaligus dalam rangka pengendalian inflasi di Kota Padang. 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Walikota Padang Mahyeldi dan Wakil Walikota Hendri Septa. Turut hadir di kesempatan itu unsur Forkopimda Kota Padang, Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso, unsur Kemenag dan para donatur.

“Alhamdulillah, lewat pasar murah ini dibagikan voucher belanja dari Baznas Kota Padang bagi 30 ribu rumah tangga miskin (mustahik) senilai Rp.4,5 miliar," ujar Mahyeldi sewaktu membuka kegiatan yang dilangsungkan di Masjid Agung Nurul Iman, Rabu (15/5/2019).

Di kesempatan itu walikota juga mengucapkan terima kasih kepada Kampus UPI YPTK yang dipimpin H. Herman Nawas yang turut membantu sebanyak Rp.300 juta diperuntukkan bagi 2000 fakir/miskin yang ada di Kecamatan Lubuk Begalung. 

Selain itu, Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kota Padang, para distributor serta muhsinin/donatur. Sehingga bazar dan pasar murah dapat digelar di Masjid Agung Nurul Iman, serta beberapa titik loksi di setiap kecamatan se-Kota Padang.

Mahyeldi menghimbau, bagi yang mau berpartisipasi lagi silahkan mendatangi Baznas Kota Padang. Apalagi memang masih ada lebih kurang 6000 KK lagi yang belum tercover, dan saat ini baru teralokasikan bagi 30 ribu KK. "Semoga pasar murah ini akan meringankan beban warga dan saudara-saudara kita sekaligus mengendalikan inflasi di Kota Padang,” tukuknya.

Walikota yang juga seorang da’i itu juga mengajak masyarakat Kota Padang untuk memperbanyak tadarus daripada update status. Kemudian berbelanjalah sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

“Insya Allah, semoga kita dapat melaksanakan ibadah Ramadhan 1440 H ini secara maksimal dan mengantarkan kita menjadi orang yang bertakwa kepada Allah Swt,” tukasnya.

Ketua Baznas Kota Padang, Epi Santoso menerangkan, Semarak Ramadhan akan berlangsung dari 15 - 25 Mei 2019 mendatang, mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB setiap harinya di Masjid Agung Nurul Iman.

Ia juga menyebutkan, lewat kegiatan ini dibagikan paket voucher senilai Rp150 ribu terdiri dari enam bagian kupon senilai Rp25 ribu per kuponnya. Kupon tersebut bisa ditukarkan sesuai kebutuhan masing-masing pada tiap stand yang tersedia.

"Tersedia 46 stand di pasar murah ini dengan rincian 20 stand untuk UMKM dan 24 stand untuk para grosir. Masyarakat bebas menukarkan kupon yang mereka miliki dengan apa saja sesuai kupon, jika kurang bisa ditambah dengan uang," ujarnya.

Selain penyerahan Voucher Ramadhan dan santunan anak yatim juga digelar Lomba Nasyid dan Lomba Tahfidz Da'i Muda untuk menambah semaraknya kegiatan yang dilangsungkan di Masjid Agung Nurul Iman tersebut.

Dijelaskannya, pemilihan penerima voucher berdasarkan database yang didapatkan dari Dinas Sosial Kota Padang, yakni sekitar 36 ribu data warga yang seharusnya mendapatkan.

Terkait penyalurannya, pihaknya meminta bantuan lewat masjid dan mushalla yang tentu lebih mengetahui masyarakat mana yang berekonomi lemah atau tergolong kurang mampu.

Epi menerangkan, bagi warga yang belum mendapatkan voucher, tidak menutup kemungkinan masih bisa mendapatkannya.

"Dari 36 ribu data, kami baru sanggup sediakan untuk 30 ribu paket. Sedangkan bagi warga yang tidak memiliki voucher juga jangan berkecil hati. Karena masih bisa berbelanja dan tentunya dengan harga murah. Perbandingannya mencapai 5 hingga 10 persen lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar," ungkapnya.

Pembukaan pasar murah ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Walikota Padang Hendri Septa dan dilanjutkan dengan peninjauan masing-masing stand yang menjual berbagai sembako dan kebutuhan pokok lainnya. (David/Rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan