08 Februari 2019

Unsur Pimpinan DPRD Padang Beri Masukan dan Saran Dalam Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2020


PADANG(GemaMedianet.comPemerintah Kota (Pemko) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Rencana Awal (Ranwal) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Padang Tahun 2020. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Padang, Mahyeldi di Ruang Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang Aie Pacah, Jumat (8/2/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Wahyu Iramana Putra dan Muhidi, Pj. Sekretaris Daerah Kota Padang, Amasrul, para Asisten, Inspektur, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Padang, akademisi, pimpinan organisasi profesi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), ninik mamak, bundo kanduang dan unsur pers.

Walikota Padang Mahyeldi dikesempatan itu menyampaikan, kegiatan konsultasi publik terhadap dokumen rancangan awal RKPD Tahun 2020 yang sudah disusun tersebut adalah dalam rangka mendapatkan masukan dan saran dari berbagai pemangku kepentingan. 

Mahyeldi menyebutkan, sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 bahwa perencanaan pembangunan daerah disusun dalam rangka peningkatan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah.

“Untuk itu forum ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk memberikan masukan dan saran terhadap rancangan awal RKPD Kota Padang, sehingga nantinya program dan kegiatan yang tertuang dalam RKPD Kota Padang Tahun 2020 mampu menjawab tantangan tersebut,” tukasnya.

Kepala Bappeda Kota Padang, Medi Iswandi dalam paparannya mengatakan, rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan. 

“Masukan dan saran dirumuskan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh Kepala BAPPEDA dan Kepala Perangkat Daerah serta perwakilan masyarakat yang hadir pada konsultasi publik,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Muhidi dalam masukan dan sarannya berharap Pemerintah Kota Padang dapat lebih fokus dalam menyusun rencana kerja dan memprioritaskan kegiatan yang memiliki multiplier effect. Ia memberikan perhatian kepada pengelolaan dana kelurahan yang diharapkan dapat dikelola oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang benar-benar memahami prosedur pengelolaannya.

Masukan dan saran Muhidi tersebut mendapat dukungan dari Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra yang mengatakan kecamatan dan kelurahan merupakan ujung tombak pemerintahan. 

Wahyu juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemko Padang, karena dapat menarik partisipasi masyarakat yang cukup tinggi dalam pembangunan. (*/dn/em) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan