30 September 2018

Wismar Pandjaitan : Masih Banyak Sapras Mitigasi Bencana Perlu Pembenahan


PADANG, (GemaMedianet.com) — Usia 9 tahun Padang Gempa 30 September sekarang masih banyak pekerjaan yang harus dikejar oleh Pemerintah Kota Padang (Pemko) Padang dalam mitigasi bencana, diantaranya jalur evakuasi dan sosialisasi bencana kepada masyarakat.

Penegasan itu disampaikan Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Wismar Pandjaitan saat menghadiri peringatan 9 tahun Padang dilanda Gempa 30 September, Minggu (30/9/2018).

Menurutnya, item itu sekarang tampaknya belum sempurna keberadaannya. Sehingga jika gempa itu terulang kembali saat ini, maka kondisi sekarang tidak ada bedanya dengan 2009 yang lalu.

Ia meminta kepada Walikota Padang membenahi sarana dan prasarana (sapras) dalam menghadapi bencana yang akan terjadi. "Tujuannya agar warga tidak susah payah mencari lokasi penyelamatan diri dan jatuhnya korban jiwa," ujar kader PDI Perjuangan ini. 

Menurutnya, di usia 9 tahun sekarang kemajuan pembangunan Padang memang sudah terlihat seperti Pasar Raya Padang dan sebagian sarana dan prasarana objek wisata yang ada di Padang. Namun hal itu belum lah cukup jika tidak diiringi dengan pembenahan yang menyentuh pada fasilitas bagi warga. "Kita menginginkan pemko dapat menyelesaikan kekurangan yang masih tertinggal, agar saat bencana terjadi kepanikan masyarakat tidak terlihat dan keselamatan mereka terjamin, " kata Wismar yang juga menjabat Ketua Bapemperda DPRD Padang ini.

Sementara, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Edi Hasymi mengatakan pihaknya sudah melakukan pembenahan terhadap sarana dan prasarana pendukung dalam menghadapi bencana. Untuk shelter tersedia sekarang 20 unit yang lokasinya tersebar di dekat pesisir pantai, ditambah dengan 4 sirine. 

"Namun begitu sarana yang ada memang belum mampu meminimalisir warga semua dengan kendala anggaran APBD," terangnya. 

Untuk itu, ia mengimbau kepada warga agar tidak lengah dalam menghadapi bencana serta berusaha mencari penyelamatan diri jika bencana terjadi. "Hal itu juga demi menghindari jatuhnya korban jiwa, serta mewujudkan keselamatan, kenyamanan pada masyarakat,"tukasnya. (em/inf)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan