17 Juni 2018

2500 Obor Semarakkan Hari Kemenangan di Sungayang


TANAH DATAR, (GemaMedianet.com) — Dalam rangka menyambut hari kemenangan 1 Syawal 1439 Hijriah, ribuan masyarakat Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat melaksanakan Pawai Obor.

Antusias masyarakat dan perantau setempat sangat tinggi, yang ditandai dengan melakukan pawai obor nengelilingi nagari.

"Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang kita laksanakan setiap tahun dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Alhamdulillah, malam ini masyarakat sangat antusias sekali," ucap Walinagari Sungayang, Izhar Rasyid di sela-sela pawai obor, Kamis (14/6/2018).

Ia menyebutkan, selain menyambut Hari Raya Idul Fitri, kegiatan ini juga dalam rangka menyambut para perantau yang “Pulang Basamo” (Pulang Bersama-red) saat Libur Idul Fitri di kampung halaman.

"Kedatangan perantau disambut meriah oleh masyarakat dan melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi terbukti dengan banyaknya perantau yang ikut kegiatan ini," pungkasnya.

Sementara Koordinator Kegiatan, Supardi menyampaikan, sebanyak 3.000 obor disiapkan dalam pawai obor malam ini. Alhamdulilah Dalam kegiatan ini terpakai sebanyak 2500 obor.

"Tujuan kegiatan ini kita laksanakan yang utama adalah dalam rangka menyambut hari Idul Fitri dan sekaligus menyambut para perantau warga Sungayang yang pulang basamo. Kita ingin para perantau rindu dengan kampung halamannya, makanya agenda ini kita gelar tiap tahunnya," ujar Supardi.

Hal senada juga disampaikan salah satu perantau Denis yang ikut dalam pawai tersebut katakan,

“Kami perantau selalu ingat kampung halaman, dan kangen dengan gema takbir yang mengingatkan untuk berada di kampung, rasa persaudaraan dan kedamaian antar sesama masyarakat inilah yang memotivasi kami di rantau untuk libur lebaran di kampung,” ungkapnya.

Ia juga tambahkan, selama lebaran di kampung kami bersama masyarakat juga akan melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya jalan santai, cerdas cermat dan ditutup dengan malam hiburan berhadiah (Kim), ucapnya. (rel/eri)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan