03 Juli 2024

Perpustakaan Keliling Tingkatan Minat Baca Warga Kota Padang




PADANG, (GemaMedianet.com) I Berbagai inovasi terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) daerah tersebut untuk meningkatkan minat baca warganya.

Salah satu inovasi yang dilakukan Dispusip Kota Padang untuk meningkatkan minat baca dan literasi adalah melalui perpustakaan keliling yang tidak saja membawa buku-buku tapi juga menyertakan talent-talent dari pustakawan yang punya bakat dalam story teling, membaca nyaring (read aloud), serta Uni Puspa (Perpustakaan Padang) dan Uda Puspa.

"Uni Puspa dan Uda Puspa ini yang menceritakan isi suatu buku dengan boneka tangan muppet," kata Feri Mulyani Hamid, Senin (01/07/2024).

Dikatakannya, mobil perpustakaan keliling Dispusip Kota Padang itu berkunjung ke taman-taman bacaan dan sekolah-sekolah yang jauh dari kota.

"Kita sengaja mengunjungi sekolah-sekolah yang akses perpustakaannya cukup sulit, seperti Bungus atau Lubuk Buaya," tambahnya.

Menurut Feri Mulyani Hamid, turut sertanya talent dari pustakawan tersebut mampu menarik minat warga, sehingga angka kunjungan perpustakaan Kota Padang secara perlahan mulai naik.

"Kita berkunjung setiap bulannya ke 24 lokus, yaitu ke taman bacaan masyarakat dan sekolah. Kita ada dua armada yang setiap hari itu turun Senin sampai Kamis. Dengan seperti ini, angka kunjungan perpustakaan kita mulai naik," terangnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Padang, Feri Mulyani Hamid mengungkapkan bahwa pihaknya memaksimalkan keberadaan perpustakaan keliling untuk dapat meningkatkan minat baca dan literasi warga Kota Padang.

Dia melanjutkan bahwa berdasarkan data survei Perpusnas, tingkat gemar membaca Kota Padang dalam posisi baik.

"Namun kita tidak boleh berpuas diri. Kita harus meningkatkan lagi karena kita masih banyak melihat di masyarakat terjadi kecelakaan literasi," pungkas dia. (d)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan

Arsip Blog