25 Mei 2023

Bawaslu Pasaman Sosialisasikan Pengawasan Pencalonan Anggota DPRD




PASAMAN, (GemaMedianet.com| Dalam rangka penguatan pengawasan dan upaya pencegahan pada pelanggaran Pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman gelar Sosialisasi Pengawasan Pencalonan Anggota DPRD Pasaman, bertempat di Aula Arumas Hotel Lubuk Sikaping, Kamis (25/5/2023).

“Bawaslu Pasaman telah melaksanakan pengawasan melekat pada tahapan pengajuan dan pendaftaran pencalonan Anggota DPRD Pasaman. Alhamdulillah, KPU Pasaman telah memberikan kami akses dalam melakukan pengawasan tersebut,” ujar Rini Juita, selaku Ketua Bawaslu Pasaman saat membuka acara sosialisasi.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari proses pengawasan terhadap verifikasi administrasi yang dilakukan KPU Pasaman, dimana sebelumnya telah dimulai dari pendaftaran Caleg oleh Partai Politik, 1 hingga 14 Mei 2023.

“Diundangnya Partai Politik, organisasi masyarakat dan media dalam sosialisasi ini, untuk meningkatkan sinergitas Bawaslu dengan setiap lapisan masyarakat supaya bersama awasi tahapan Pemilu,” kata Rini.

Lebih lanjut Rini menyampaikan, dari 18 Partai Politik yang terdaftar di Pasaman, sampai hari terakhir pendaftaran caleg pada tanggal 14 Mei 2023, terdapat tiga Parpol tidak mengajukan pencalonannya.

Selaku pengawas, dari tanggal 1 sampai 14 Mei 2023, jajajaran Bawaslu Pasaman selalu standby di Kantor KPU Pasaman untuk melakukan pengawasan pendaftaran Caleg oleh Partai Politik.

“Hindari permasalahan, supaya tidak ada sengketa, sukses Pemilu tidak bisa dilakukan oleh KPU dan Bawaslu saja, tapi butuh peran aktif kita semua, Pemerintah Daerah, Partai Politik, punya peranan masing-masing. Dan yang perlu diperhatikan juga adalah daftar pemilih, apakah masih ada diantara warga Pasaman yang belum terdaftar sebagai pemilih,” pesan Rini.

Anggota Bawaslu Pasaman mesrawati, Kordiv HP2H selaku pemateri juga memaparkan, bahwa sosialisasi ini merupakan segala upaya untuk melakukan pencegahan serta penindakan terhadap pelanggaran Pemilu dan sengketa proses Pemilu yang bertujuan untuk memastikan persiapan dan pelaksanaan Pemilu 2024 sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Pencegahan merupakan segala upaya mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu dan sengketa proses Pemilu. Melalui tugas pengawasan oleh Pengawas Pemilu maupun dengan melibatkan partisipasi masyarakat serta publikasi media. Untuk memastikan tidak terjadi pelanggaran Pemilu,” jelas Mesrawati.

Integritas dan kemampuan Bawaslu diuji untuk melakukan pengawasan. Dengan proses yang panjang, menuju satu hari yakni 14 Februari 2024.

“Proses selanjutnya dapat berjalan lancar, agar sejarah Pemilu terbaik bagi bangsa Indonesia, dan Kabupaten Pasaman khususnya, dapat diwujudkan,” harap Mesrawati.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Kristian dalam materinya menyampaikan, tentang penyelesaian sengketa proses Pemilu sesuai dengan dasar hukum UU No. 7 Tahun 2017, Perpu No. 1 tahun 2022.

“Dalam Pemilu pelanggaran bisa saja terjadi, meski berusaha semaksimal mungkin untuk mengawasi, tetapi celah-celah pelanggaran tetap ada. Meskipun sulit mencapai zero (0) pelanggaran, tapi upaya maksimal untuk meminimalisir pelanggaran wajib dilakukan,” ujar Kristian.

Adapun jenis pelanggaran pemilu yakni pelanggaran administrasi, pelanggaran kode etik dan pelanggaran pidana.

“Terdapat tiga potensi sengketa dalam tahapan pencalonan, yakni penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), tahapan Daftar Calon Tetap (DCT) dan laporan awal dana kampanye. Bila tak diselesaikan dengan baik maka akan ada potensi sengketa dalam proses Pemilu,” tegas Krisitian.

Pada kesempatan ini, Ketua KPU Pasaman Rodi Andermi dan Kordiv Teknis, Juli Yusran juga menyampaikan paparannya tentang tahapan pencalonan Anggota DPRD Pasaman.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 70 orang peserta atau undangan terdiri dari Ketua, Anggota KPU Pasaman, Ormas, Partai Politik, Ketua dan Anggota Bawaslu Pasaman, wartawan media cetak dan elektronik, online serta undangan lainnya, dalam rangka menyukseskan Pemilu tahun 2024 mendatang. 

(Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

BUMN

REMAJA DAN PRESTASI


Iklan