27 Januari 2023

Sempat Tertunda, Wali Nagari Panti Terpilih Novri Andila Syafri Siregar Akhirnya Dilantik Bupati Pasaman



PASAMAN(GemaMedianet.com| Pasca tidak ikut prosesi pelantikan bersama 33 Wali Nagari terpilih lainnya pada 12 Desember 2022 kemarin. Wali Nagari Panti terpilih periode 2023-2029, Novri Andila Syafri Siregar, ST dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Pasaman, H.Benny Utama.

Penundaan pelantikan wali nagari Panti disebabkan, masa jabatan wali nagari sebelumnya Yefri Aldi, SP masa jabatannya habis pada 19 Januari 2023.

"Secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan Wali Nagari Panti," ujar Bupati Pasaman, Benny Utama di halaman Kantor Wali Nagari Panti, Jumat (27/1/2023).

Benny Utama menyebutkan dihadapan Ninik mamak, Hatobangan, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Panti adalah nagari yang penting di mata Kabupaten Pasaman. Karena nagari Panti mempunyai keberagaman etnis dan agama.

"Tadi kita saksikan bersama dalam kegiatan ini ditampilkan budaya dua etnis yaitu Minangkabau dan Tapanuli dengan tari pasambahan serta tari tor-tor," ungkap Benny Utama yang digadang-gadang akan maju ke DPR RI pada Pileg 2024.

Ia juga mengajak wali nagari terpilih tidak hanyut dalam euforia kemenangan saja, akan tetapi untuk segera yang melaksanakan tugas yang disesuaikan dengan RPJM Nagari.

"Meskipun tidak dapat dipungkiri, permasalahan dan kendala itu tetap ada, tapi masih dalam ambang kewajaran proses sebuah demokrasi," tuturnya.

Kemudian, Bupati Pasaman menekankan kepada wali nagari terpilih, pertama, segera lakukan penyatuan dan eratkan kembali masyarakat, dan tidak boleh membeda-bedakan antara yang memilih atau tidak. Kedua, laksanakan anggaran dana nagari dengan baik dan transparan serta hindari korupsi.

Selanjutnya, ketiga, bermitra lah dengan dengan Bamus, untuk kemajuan dan pembangunan nagari, serta ciptakan inovasi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. Keempat, berdayakan PKK nagari agar para perempuan di nagari dapat mengambil peran dalam setiap kebijakan pemerintah nagari.

Kelima, jadilah pemimpin nagari yang inovatif, yang akan membawa perubahan nagari menjadi lebih baik dan bermartabat dalam kurun waktu 6 Tahun ke depan. Keenam, di Era Keterbukaan Informasi saat ini, wali nagari tidak boleh risih terhadap keluhan pertanyaan warga mengenai penyelenggaraan pemerintahan nagari.

Terakhir, ketujuh, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada camat, apabila terdapat permasalahan di nagari ataupun hal-hal lain yang memerlukan petunjuk lebih lanjut," tutupnya.

(Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan