15 Januari 2023

Gunung Kerinci Erupsi, Gubernur Minta Instansi Siaga dan Masyarakat Waspada



JAMBI(GemaMedianet.com| Gunung Kerinci, Jambi kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu 400 meter hari ini. Sekaitan itu, Gubernur Jambi Al Haris meminta seluruh instansi siap siaga dalam mengantisipasi dampak erupsi.

“Pagi besok kita akan apel siaga bencana di Kerinci Jambi tujuannya untuk menyiapkan segala sesuatu dengan jelas agar mitigasi bencana ini dapat berjalan dengan baik,” kata Al Haris kepada wartawan di Rumah Dinas Gubernur, Jambi, Jumat (13/1/2023).

Ia mengatakan saat ini aktivitas Gunung Kerinci semakin meningkat. Apalagi letusan gunung api tertinggi di Pulau Sumatera itu juga terus terjadi sejak tiga hari berturut-turut. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi tidak ingin kecolongan dalam mengupayakan agar erupsi tersebut tidak memakan korban jiwa.

“Gunung meletus itu adalah bencana alam yang besar ketika erupsi sudah besar seperti itu, pemerintah harus mengambil langkah-langkah paling tidak menyiagakan, memberikan amanah untuk pak Danrem selaku Kepala Dansatgas Bencana di lapangan dengan adanya erupsi Gunung Kerinci ini,” ujar Al Haris.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Kerinci untuk terus waspada dengan meningkatnya erupsi Gunung Kerinci tersebut. Nantinya masyarakat juga diminta harus mengikuti langkah-langkah dari Pemprov Jambi agar kesiapsiagaan bencana ini dapat berjalan dengan baik.

“Masyarakat harus tahu ini sudah serius, sudah itu masyarakat harus tetap waspada dan terpenting mengikuti langkah-langkah yang telah diatur pemerintah itu paling penting,” sebut Haris.

Sejauh ini, Haris juga meminta agar setiap instansi yang terlibat dalam kesiapsiagaan bencana sigap menghadapi langkah-langkah jika terjadi hal buruk terhadap erupsi Gunung Kerinci ini.

“Instansi kita di kesiapsiagaan ini kan banyak, baik itu BPBD, Taganan, TNI Polri lalu Dinsos banyak lah itu harus ikut dalam apel kesiapsiagaan nanti,” jelas Al Haris

Sementara, berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Kerinci, Jambi-Sumatera Barat mengalami erupsi lagi pada Jumat pagi sekitar pukul 09.31 WIB. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 7 mm dan durasi sementara ini 10 menit.

Saat ini Gunung Kerinci berada pada Status Level II (Waspada). Masyarakat di sekitar Kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak gunung api Kerinci di dalam radius 3 km.

(em/dts)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan