14 Januari 2023

Genjot Sektor Pariwisata, "Calendar of Event" Padang 2023 Resmi Dilaunching



PADANG(GemaMedianet.com| Wali Kota (Wako) Padang Hendri Septa secara resmi melaunching "Calendar of Event" (Kalender  Event) Pariwisata Kota Padang di tahun 2023.

Pada Calendar of Event Pariwisata tersebut, terdapat 46 iven yang akan disajikan di Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu sebagai wajah sektor pariwisata yang diharapkan mampu menggenjot ekonomi daerah. 

Wako Padang Hendri Septa di kesempatan itu mengatakan, penyelenggaraan iven merupakan langkah penting bagi Pemerintah Kota Padang bersama stakeholder terkait untuk menggeliatkan ekonomi di Kota Padang.

"Tahun 2023 kita menawarkan banyak harapan bagi industri pariwisata. Apalagi pandemi COVID-19 sudah mereda, semoga semua kegiatan sektor pariwisata yang telah kita rancang dapat kita gelar dengan sebaik-baiknya sehingga ekonomi masyarakat bisa bangkit kembali," ujar Wali Kota saat melaunching Calendar of Event Pariwisata Kota Padang Tahun 2023 di Axana Hotel Padang, Selasa (10/1/2023) malam. 

Wako Hendri Septa mengaku optimis setelah dilaunchingnya Calendar of Event Pariwisata Kota Padang 2023 akan menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang ke Kota Padang.

"Pada 2023 ivent-iven yang kita gelar akan lebih baik dan menarik dari tahun-tahun sebelumnya. Semoga dengan itu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang tentunya berdampak bagi perekonomian masyarakat serta peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang dari sektor pariwisata," harapnya.

Sementara itu, pada saat yang sama, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian menyebutkan, Calendar of Event 2023 ini tersusun berdasarkan hasil Focus Group Discussions (FGD) beberapa waktu lalu antara Pemko Padang bersama stakeholder kepariwisataan di Kota Padang yang terdiri dari PHRI, ASITA, Komunitas Tionghoa, Muhammadan serta sejumlah komunitas ekonomi kreatif (ekraf) dan organisasi kepemudaan.

"46 iven yang telah dipilih merupakan iven yang akan dilaksanakan oleh unsur pemerintah, mitra pariwisata, dan komunitas. Tujuannya adalah memberikan acuan bagi calon wisatawan untuk memilih destinasi tujuan wisata di Kota Padang serta bahan promosi pariwisata Kota Padang," sebutnya.

Adapun 46 iven di Calendar of Event Pariwisata Kota Padang 2023 diantaranya, Bazar HBT WHBT, perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, Tradisi Adaik Limau Baronggeh Sungai Pisang di Bungus Teluk Kabung.

Lalu juga akan ada perhelatan tradisi Raba Akia atau Tolak Bala di Pantai Air Manis Padang, Festival Bonsai di Pantai Padang, Festival Selaju Sampan di Banjir Kanal GOR Agus Salim, Padang Fashion Carnaval dan Festival Marandang di Batang Arau.

Kemudian Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tahun 2023, World Islamic Entrepreneur Summit, Minangkabau Creative Economy 2023, dan Tradisi Serak gulo.

Pada kesempatan itu hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar bersama para Asisten, Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Yulitri Susanti, Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa serta sejumlah kepala OPD terkait dan Camat se-Kota Padang serta stakeholder kepariwisataan. (pkp)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

Wedding Of

Wedding Of

POLDA SUMBAR

JMSI

JMSI

KOMUNITAS

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

Khazanah

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


HISTORIA


Rantau


Opini


FACEBOOK - TWEETER


BUMN










Adv