28 April 2022

Pemkab Pasaman Kembali Gelar Pawai Malam Takbiran Sambut Hari Kemenangan




PASAMAN, (GemaMedianet.com| Sempat vakum selama tiga tahun, pawai takbiran menggunakan kendaraan bermotor menyambut hari raya idul fitri di Kota Lubuksikaping, kembali diizinkan Bupati Pasaman H. Benny Utama, termasuk Shalat Ied di halaman Kantor Bupati Pasaman.

"Kita tahu bahwa momentum puncak kemenangan dari ikhtiar dan perjuangan sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan, salah satunya adalah melaksanakan pawai takbiran. Bukan euforia, tapi semata wujud kemenangan bagi kaum muslimin di seluruh dunia," ujar Bupati Benny Utama, di Lubuksikaping, Rabu (27/4/2022).

Disampaikan bahwa, masyarakat sepertinya sudah sangat rindu ingin kembali melaksanakan pawai takbiran di malam hari raya idul fitri. Selama beberapa tahun terakhir, ada aturan yang melarang, akibat dari tingginya wabah pandemi COVID-19. 

"Alhamdulillah, daerah kita Pasaman sudah berada di level satu, atau zona aman untuk beraktifitas normal. Jadi, tidak ada salahnya jika keinginan masyarakat kita wujudkan dalam perayaan hari kemenangan idul fitri tahun ini," ucap bupati.

Kabar gembira dari Bupati Benny Utama ini, sontak disambut suka cita masyarakat Kabupaten Pasaman, termasuk para perantau Pasaman yang hendak mudik lebaran tahun ini. 

Kabar dari mulut ke mulut, termasuk yang  beredar di media sosial tentang diperbolehkannya pawai takbiran dan sholat ied di halaman kantor bupati, cepat beredar dan disambut antusias oleh segenap lapisan masyarakat. 

"Alhamdulillah ya Allah, bisa kito takbiran di kampuang baliak. Tarimo kasih Pak Pati," ujar Soni, perantau Pasaman di Duri, Riau, begitu mendapat kabar akan dilaksanakan pawai takbiran dan sholat ied di halaman kantor bupati. 

Menurut Soni, baginya yang berhari raya itu adalah takbiran dan shalat Ied. Saat takbiran itu kita bisa melihat orang kampung datang dari rantau dengan kenderaannya. Pada pelaksanaan shalat Ied di halaman kantor bupati, kita juga bisa melihat dan bisa bersilaturahmi dengan bupati dan orang rantau.

"Pengalaman shalat hari raya di halaman kantor bupati beberapa tahun lalu, orang-orang rantau yang pulang kampung, shalatnya di halaman kantor bupati," cerita Ujang. 

Kepala Dinas Kominfo Pasaman, Budhi Hermawan saat ditanya wartawan membenarkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pasaman akan melaksanakan kembali  pawai malam takbiran mengitari Kota Lubuk Sikaping bersama seluruh komponen masyarakat. 

"Pak Bupati sudah menginstruksikan agar pawai malam takbiran dilaksanakan kembali untuk masyarakat, juga shalat idul fitri di halaman kantor bupati. Namun, masyarakat dihimbau untuk tetap memakai masker, dan petugas Dinas Kesehatan akan berjaga di beberapa pintu masuk kantor bupati, seperti di Simpang Mauh, dekat bundaran dan pintu belakang, guna memberikan masker bagi masyarakat yang tidak membawa masker," kata Budhi Hermawan.

Turut disampaikan, rute pawai takbiran di Kota Lubuksikaping dimulai dari depan Rumah Dinas Bupati Pasaman ke arah Utara di jalan Sudirman Lubuk Sikaping. kemudian belok ke kanan di Simpang Mauah menuju Tanjuang Alai, berbelok di Simpang Taluak Ambun, belok kiri ke arah Masjid Raya, terus ke pasar lama Lubuk Sikaping, jalan Hamka Tanjuang Baringin,  belok kiri ke Pasar Benteng, terus di jalan bypass, berbelok di bundaran Sawah Panjang, terus di jalan Adam Malik dan finish di depan kantor Bupati Pasaman.

Sementara pelaksanaan shalat idul fitri di halaman Kantor Bupati bertindak sebagai Khatib Buya Helmun Jamil, MA dan imam H. Nasbin Panyahatan Lc. MA. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan