21 April 2022

Anggota DPRD Zalmadi Safari Ramadhan ke Musholla Assakinah Kabun Indah, Bantu Pembangunan dan Tampung Aspirasi



PADANG, (GemaMedianet.com| Anggota DPRD Kota Padang Zalmadi, S.Hum kembali melanjutkan kunjungan Safari Ramadhan 1443 Hijriah dengan mengunjungi musholla di kelurahan lainnya di Kecamatan Kuranji, setelah sebelumnya mengunjungi Masjid Ar Rahman di Belimbing Kelurahan Kuranji.

Kali ini Zalmadi mengayunkan langkahnya ke Musholla Assakinah yang berada di Komplek Kabun Indah Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji, Sabtu (26/4/2022).

Dalam kunjungannya kali ini, Zalmadi didampingi Ketua Karang Taruna Kecamatan Kuranji  Fadhli Islami beserta pengurus, Ketua Forum Komunikasi Pelestarian Salawat Dulang Kota Padang Jufriadi, Staf  Sekretariat DPRD Kota Padang Fuja Kusuma, dan sejumlah awak media diantaranya Pemimpin Redaksi  gemamedianet.com Marzuki Rahman Htb, Pimpinan Umum Surat Kabar Wawasan dan www.mediawawasan.com Syafrizal Buya, serta Yandri dan Edison dari beritatransisi.com.

Kunjungan safari Ramadhan ke mushola ini diketahui merupakan kunjungan perdana bagi Anggota Komisi II DPRD Kota Padang ini. Karena sebelumnya dijadualkan Safari Ramadhan ke Mushola Nurul Yaqin, namun karena pengurus mesjid menolak maka dialihkan ke Mushalla Assakinah.

Masyarakat dan jamaah Mushalla Assakinah tampak senang dengan kehadiran pria muda dan bersahaja yang berasal dari Partai Berkarya ini. Meski agendanya mendadak, namun tak mengurangi sambutan mereka terhadap wakil rakyat yang akan menjadi penyambung lidah masyarakat di gedung bundar Sawahan.

Ucapan selamat datang mengawali sambutan Ketua Komplek Kabun Indah, Triyadi. Dia mengajak warga dan jamaah untuk memanfaatkan kedatangan Safari Ramadhan anggota DPRD menyampaikan aspirasi-aspirasi.

Ketua Pengurus Musholla Assakinah, Afif. Dengan penuh semangat dia mengungkapkan sejarah singkat pendirian Musholla Assakinah.

"Musholla ini telah berdiri sejak tahun 2017, dengan bergotong royong maka terkumpullah ketika itu dana pembangunan sebesar Rp.13 Juta. Hingga terbangun seperti sekarang ini, dan pembangunannya berlanjut beberapa waktu terakhir ke tahap kedua," tuturnya dalam agenda Safari Ramadhan usai melaksanakan Sholat Isya berjamaah dan Sholat Tarawih.

Di kesempatan itu perancang musholla, Hasmy menguraikan bangunan musholla kedepannya akan terbagi dengan sarana penyelenggaraan jenazah dan sarana olahraga.

Gayung bersambut, Zalmadi di kesempatan itu memberikan bantuan pembangunan musholla berupa uang tunai sebesar Rp.10 Juta yang diterima secara simbolis oleh pengurus musholla.

Tak hanya itu, Zalmadi juga menambah bantuan tersebut secara pribadi berupa 10 zak semen.

Dikatakannya, sebagai seorang yang beriman harus memahami kekayaan sebagai amanah dari Allah SWT yang harus dijaga dan digunakan untuk mencapai kesuksesan di dunia dan akhirat. 

"Kekayaan jali (dunia) digunakan untuk mencapai Kekayaan hakiki (akhirat) seperti rela dan ikhlas memberikan sumbangan-sumbangan untuk pembangunan masjid/musholla. Dari Abu Hurairah Ra, Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda, "Bukanlah kekayaan itu dengan banyaknya harta dunia, akan tetapi kekayaan yang hakiki itu adalah kaya akan jiwa." (HR Al-Bukhäri-Muslim)," terang Zalmadi.


Lebih lanjut Zalmadi menuturkan, dalam bulan suci Ramadhan setiap tahunnya anggota DPRD melakukan safari Ramadhan dengan mengunjungi konstituennya di masjid dan musholla di daerah pemilihan (dapil).

Masing-masing anggota DPRD Kota Padang, nantinya akan menyerahkan bantuan pembangunan bagi masjid-masjid sebesar Rp15 Juta dan musholla-musholla Rp10 Juta.

"Untuk pembangunan masjid sebelumnya telah kita serahkan pada pengurus Masjid Ar Rahman di Belimbing. Dan sekarang untuk pembangunan musholla diserahkan kepada pengurus Musholla Assakinah sebesar Rp.10 juta," tuturnya.

Kendati bantuan untuk musholla dalam safari Ramadhan dianggarkan sebesar Rp10 Juta, namun Zalmadi berjanji menyiasati bantuan lanjutan untuk pembangunan Musholla Assakinah melalui dana pokok-pokok pikiran (pokir) anggota DPRD.

"Sesuai Perwako bantuan masih dapat dikucurkan maksimal Rp50 juta, dan itu akan segera kita koordinasikan dengan Pemko Padang. Jadi, InsyaAllah pada anggaran perubahan bantuan untuk Mushalla Assakinah menjadi 50 juta," jelas Zalmadi.

Lebih lanjut Zalmadi, di dalam bulan suci Ramadhan saat ini di setiap masjid dan musholla dilaksanakan Pesantren Ramadhan. Kegiatan ini sangat penting untuk mencerdaskan generasi penerus dengan ilmu agama, sehingga dapat  menjadi modal bagi mereka dalam melalui tantangan berat terutama di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi dewasa ini.

"Melalui Pesantren Ramadhan kita perkenalkan mereka dengan sholat berjamaah dan sholat jenazah. Karena ini memang menjadi tanggung jawab bagi kita selaku umat Islam," ujarnya.

Dalam sesi diskusi Zalmadi juga berjanji menampung setiap aspirasi  warga yang akan dicarikan solusi melalui perjuangan di DPRD. Seperti bundaran di balai baru Zalmadi akan mengkoordinasikan dengan instansi terkait. Begitu juga saluran air di lingkungan musholla.

Tak lupa Zalmadi mengajak kaum ibu untuk menggiatkan Kelompok Usaha Bersama (KUB). Seperti kelompok menjahit dan kelompok produktif lainnya. Sebab ada dukungan bantuan maksimal Rp20 juta, dan ini tentu perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Acara safari Ramadhan kemudian diakhiri dengan penyerahan bantuan pembangunan musholla yang diterima oleh pengurus. Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan tausiyah dari Al Ustadz. (Marzuki RH)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR