07 November 2021

JMSI Lahat Jadi Pemateri Pelatihan Jurnalistik Emirates Islamic School




LAHAT, (GemaMedianet.com| Pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Pengcab Lahat, menjadi pemateri kegiatan Pelatihan Jurnalistik di Sekolah Emirates Islamic School Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kegiatan dengan tema "Be A Good Jurnalist Make A Better Future" dilaksanakan di aula Sekolah Emirates Islamic School, Kamis  (4/11/2021).

Pelatihan jurnalistik yang dihadiri ratusan siswa-siswi itu berjalan santai dan tertib mengikuti materi yang disampaikan narasumber.

Bertindak sebagai pemateri teknik pembuatan berita, Ketua JMSI Lahat, Robiansyah sementara pemateri Teknik Wawancara diberikan Darmawan selaku Sekretaris JMSI Kabupaten Lahat.

Usai memberikan materi secara umum, peserta pelatihan langsung menerapkan hasil materi yang didapat melalui praktek langsung, berupa tata cara pembuatan berita serta teknik wawancara kepada narasumber secara langsung.

Ketua Yayasan Bina Insani Marwan Ardiansyah SE,. M.Si, menjelaskan, pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan merupakan bentuk sinergi Sekolah Emirates Islamic School Kabupaten Lahat dengan JMSI Pengcab Lahat. Tujuannya adalah, agar siswa-siswi memahami profesi wartawan serta diharapkan setidaknya siswa dan siswi juga mengerti tata cara maupun aturan cara teknik membuat berita dan teknik wawancara.

"Atas nama sekolah Emirates Islamic School Kabupaten Lahat, mengucapkan terima kasih atas materi yang telah disampaikan oleh pengurus JMSI Kabupaten Lahat. Kita berharap setelah selesai pelatihan jurnalistik, anak-anak memahami dan tahu apa itu kegiatan jurnalistik yang dilakukan wartawan.

"Tentunya dari sini anak-anak juga memahami mana berita yang baik dan berita yang tidak baik," terang Marwan.

Dirinya pun menyampaikan terima kasih kepada dewan guru maupun siswa yang telah serius mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik hari ini.

"Saya melihat antusias yang luar biasa dari siswa-siswi kita yang ikut kegiatan pelatihan. Semoga apa yang didapat bermanfaat kedepannya," ujarnya.

Sementara, Robiansyah Ketua JMSI Lahat mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Emirates Islamic School Lahat yang mempercayakan kepada JMSI Lahat sebagai pemateri dalam kegiatan pelatihan jurnalistik.

"Sejauh ini saya melihat ada potensi yang cukup besar di Emirates Islamic School, keingintahuan siswa-siswi terhadap jurnalistik cukup sangat antusias. Dari awal materi hingga selesai kegiatan semua berjalan aman dan lancar,"ungkap Robiansyah.

Masih kata Robi, pemahaman dan pengetahuan terhadap jurnalistik maupun dunia kewartawanan sangat baik diketahui anak sejak dini. Adapun tujuannya, dituturkan Robi, agar siswa memahami mana berita berkualitas baik sehingga bisa menghindarkan siswa-siswi sekolah pada perbuatan menyebarkan berita bohong alias hoax.

"Kegiatan ini adalah kegiatan positif, selain anak memahami dasar membuat berita dengan berpedoman pada rumus berita 5W+1H, tentunya anak-anak bisa membedakan berita yang bisa dipertanggung jawabkan, sehingga terhindar dari kegiatan ikut-ikutan menyebar berita bohong yang marak di media sosial," tutupnya. (r/jmsi)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman


HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER




Artikel


INFO GEMPA


BUMD








IKLAN

IKLAN

Adv

KARIR