02 May 2021

Dari Gelap Menuju Terang, Zalmadi Safari Ramadhan ke Mushalla Jihad Banda Gadang


PADANG (GemaMedianet.com Jalan gelap dan minim penerangan ke kawasan Kampung Tangah Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji ini, tak menyurutkan langkah Zalmadi mengunjungi rumah ibadah yang masuk dalam daerah pemilihan (Dapil) II Pauh dan Kuranji tersebut, Sabtu (30/4/2021) malam.

Meski baru kali pertama menginjakkan kaki di Komplek Mushalla Jihad Banda Gadang, namun beberapa poster Zalmadi semasa pemilihan legislatif (Pileg) 2019 lalu masih tampak menempel di sejumlah dinding rumah penduduk. Sedikit buram, namun garis wajahnya masih terlihat jelas.

Sejurus, ada gurat haru di wajah Zalmadi. Meski alek demokrasi itu dua tahun telah berlalu, namun sepertinya tidak ada keinginan warga setempat untuk mencopot poster tersebut. Mungkin saja itu sebagai bukti kelak, bahwa mereka pernah menjatuhkan pilihan hatinya pada Zalmadi. Terbukti, dari informasi Zalmadi bahwa kawasan itu cukup memberi suara pada Pileg 2019 lalu.

Hanya ada dua penerangan umum di kawasan itu. Tiang satu terletak persis di samping jalan masuk ke komplek mushalla tersebut. Cahayanya cukup menerangi empat kenderaan roda empat yang tengah parkir.

Sedangkan penerangan kedua berada di bagian tengah menuju mushalla. Sayang, lampunya pudur alias mati.

Praktis, Zalmadi dan rombongan menapaki jalan gelap menuju mushalla. Hanya mengandalkan pencahayaan dari rumah warga, namun cukup membuat rombongan ekstra hati-hati saat melewati jalan tanah yang sedikit basah.

Kedatangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Zalmadi beserta rombongan disambut hangat dan haru oleh Ketua Pengurus Mushalla Jihad Banda Gadang Muslim beserta pengurus dan jamaah.

Satu per satu anggota rombongan mereka salami, seperti menyambut sanak saudara yang lama tak bertemu.

"Terima kasih atas kedatangan Pak Zalmadi, S.Hum dan rombongan ke surau kami. Ini kunjungan pertama Anggota DPRD Kota Padang di mushalla kami beserta Ketua LKAAM Kuranji Hendri Yazid Datuak Diguci. Sehingga meramaikan mushalla kami," kata Ketua Pengurus Mushalla Jihad Banda Gadang, Muslim dalam sambutannya.


Kiranya, kata Muslim lagi, kunjungan pertama ini akan menjadi kunjungan berulang ke Mushalla Jihad Banda Gadang.

"Terima kasih pak dewan, semoga silaturahmi dalam bentuk Safari Ramadhan ini semakin menguat dan lebih erat lagi di masa datang," tukas Muslim yang disambut senyuman oleh Zalmadi.

Sebelum penyerahan bantuan bagi Mushalla Jihad Banda Gadang dari Zalmadi selaku Anggota DPRD Kota Padang, terlebih dahulu diawali dengan penyerahan bantuan AlQur'an oleh Ketua LKAAM Kuranji, Hendri Yazid.

Di kesempatan itu, Hendri Yazid menyebutkan, bantuan AlQur'an kali ini sebagai penerang dan literasi dalam menyemarakkan baca Al Qur'an bagi Mushalla Jihad Banda Gadang merupakan bagian dari Gerakan 1000 AlQur'an.

Tak lupa, dia juga menyampaikan seputar Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM).

"Tugas LKAAM adalah melestarikan adat budaya alam Minangkabau. Seperti menggaungkan permainan anak nagari seperti Sipak Rago dan sebagainya. Dengan demikian, kegiatan LKAAM tidak bertentangan dengan Kerapatan Adat Nagari (KAN) yang tugas dan fungsinya memang berbeda," pungkasnya. (mr

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


PARIWISATA


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini


Ekonomi Bisnis



HISTORIA



Artikel


FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA





Infrastruktur




IKLAN

IKLAN

Adv






KARIR