05 Desember 2020

Musa Rajekshah Berharap Buku "Lagak Melayu" Jadi Referensi Bagi Milenial


MEDAN, (GemaMedianet.com)  Kepustakaan Melayu bertambah setelah diluncurkannya buku ‘Lagak Melayu’ Edisi 2020 karangan Shafwan Hadi Umry, Rabu (2/12/2020). 

Buku yang banyak bercerita tentang cara hidup dan budaya Melayu ini diharapkan mampu memberikan wawasan lebih mendalam kepada pembaca terutama kaum milenial.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah saat menghadiri acara bedah buku ‘Lagak Melayu’ Edisi 2020 di Aula Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Jalan Sisingamangaraja Medan.

Menurutnya, tidak sedikit milenial sebagai generasi penerus yang sudah cukup jauh dari adat istiadat Melayu.

“Saya harap ini menambah wawasan untuk anak-anak kita, generasi penerus kita. Banyak dari kita yang tidak tahu lagi sejarah adat budaya Melayu, terutama milenial. Di pelajaran sejarah juga ini sangat sedikit sekali dibahas, bahkan mungkin tidak ada,” kata Musa Rajekshah, saat memberikan kata sambutan.

Musa Rajekshah berharap buku karangan sastrawan dan budayawan Melayu ini beredar luas di masyarakat, tidak hanya di kalangan tertentu saja. Dengan tersebarluasnya buku ini, maka orang-orang akan lebih mengetahui Melayu dahulu dan juga sekarang.

“Saya ucapkan selamat atas peluncuran buku ini. Saya berharap ini tidak hanya beredar di kalangan kita-kita saja, bisa terjual secara umum dan tersebar di masyarakat,” harap Musa Rajekshah, yang merupakan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni (IKA) UISU.

Anggota DPR RI Komisi X Djohar Arifin Husin mengatakan, perlunya memperkaya kepustakaan Melayu karena sebagian besar teks Melayu dimusnahkan saat revolusi sosial. Karena itu menurutnya penulis-penulis terkait Melayu perlu diberikan apresiasi yang tinggi.

“Koleksi buku Melayu punah dulu dihabisi komunis, karena itu kita perlu hargai penulis sekarang. Kita tahu dulu bagaimana hebatnya Melayu karena diisi orang-orang yang jujur,” terang Djohar.

Ia juga berharap budaya membaca meningkat di masyarakat terutama milenial, karena menurutnya saat ini budaya membaca turun signifikan. 

“Dari dulu kita kurang dididik untuk membaca, lebih ke menghitung, menghapal. Ini perlu kita ubah demi melahirkan generasi-generasi yang unggul,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor UISU Yanhar Jamaluddin berharap semakin banyak penulis-penulis Melayu yang muncul dan ingin ‘Lagak Melayu’ menjadi bacaan murid sekolah dan mahasiswa khususnya di Sumut.

“Warisan tekstual Melayu banyak tenggelam dan bisa lenyap dimakan media postmodern. Kami berharap penulis terus mempromosiskan buku ini, menjadi bacaan siswa, mahasiswa dan masyarakat kita,” terang Yanhar.

Shafwan selaku penulis mengatakan, keinginannya menulis buku muncul setelah banyaknya masyarakat Melayu yang tidak lagi berperilaku seperti orang Melayu. Selain itu juga, menurutnya saat budaya Melayu itu sendiri sudah banyak tercemar dan malah menjadi gaya hidup orang Melayu.

“Ada tiga poin yang disinggung dari buku ‘Lagak Melayu’, pertama lagak Melayu yaitu tata cara hidup dan budaya orang Melayu, agak Melayu yaitu orang-orang yang menerapkan budaya Melayu yang sudah tercemar dan, kagak Melayu yaitu orang yang sudah pasti bukan Melayu walau dia berlagak seperti orang Melayu,” kata Shafwan.

Ada dua panelis yang diundang pada acara bedah buku kali ini, pertama yaitu Ichwan Azhari selaku Ketua Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial (Pussis) Unimed dan kedua budayawan Jaya Arjuna. 

Ichwan Azhari mengatakan, Lagak Melayu ini merupakan idiom yang menyindir masyarakat Melayu untuk bangkit.

“Lagak kalau saya lihat itu dua sisi, salah satunya yang sudah dijelaskan penulis tadi. Satu sisi lainnya yaitu idiom kekalahan. Kita misalkan lagak kaya, lagak cantik yang berarti mereka tidak kaya dan tidak cantik. Melayu ini dulu hebat, tapi sekarang? Buku ini bertujuan untuk membangkitkan Melayu yang dulu, Melayu yang jaya,” kata Ichwan Azhari.

Bedah buku yang diselenggarakan DPP IKA UISU bekerja sama dengan Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Medan juga dihadiri Syahmi Johan (Ketua MABMI Medan), beberapa dekan universitas di Sumut, pengurus Yayasan UISU, budayawan, dosen dan juga mahasiswa. Namun, karena ruangan yang tersedia terbatas tidak semua peserta yang ingin menyaksikan bedah buku ini bisa memasuki Aula UISU. (Humas Sumut) 

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan