01 December 2020

Dua Jurnalis Salurkan Hobi Tanam Buah Dengan Sambung Pucuk


PASAMAN, 
(GemaMedianet.com
)  Dua Orang wartawan di Kabupaten Pasaman menyalurkan hobi dengan giat mengembangkan berbagai jenis tanaman buah seperti Durian, Jambu Air Citra dan Alpukat melalui sistem sambung pucuk.  

Penyaluran hobi pengembangan tanaman dengan sistem penyambungan pucuk berbagai jenis buah-buahan unggul yang dilakukan Rahmad dan Afrinaldi, adalah bentuk rasa peduli melihat masih banyak lahan kosong masyarakat yang belum terolah dengan baik atau dibiarkan, sehingga masih banyak lahan masyarakat ditumbuhi tanaman liar yang tak menghasilkan.

Rahmad Urai, Jurnalis smnnews.co.id dan Afrinaldi jurnalis fajarsumbar.com, wartawan yang setiap hari sibuk mencari informasi dan keterangan dari berbagai narasumber informasi yang dituliskan di media masih meluangkan waktunya melakukan pengembangan berbagai jenis tanaman buah unggul dengan sistem sambung pucuk.

"Kami telah melakukan sambung pucuk berbagai tanaman buah unggul dan itu adalah hobi dan akan membagikan kepada kawan kawan terdekat dulu yang memiliki lahan kosong sembari menunggu modal usaha untuk membuat demplot sendiri, dan untuk sementara waktu, demplot kegiatan kami menompang pada lahan kebun salah seorang ASN Pemda Pasaman, Boy Candra Lubis yang dikebunnya banyak mempunyai tanaman  buah varietas unggul," ungkap Rahmad Urai, sembari ngopi bareng dengan wartawan lain di Kantin GOR seputaran Kantor Bupati Pasaman, Senin (1/12/2020).

Rahmad juga menyampaikan, cukup lumayan ada tambahan modal pengembangan penyaluran hobby, sekarang saja, sudah banyak yang memesan untuk ditanam di lahan mereka yang kosong.

"Pengembangan tanaman buah buahan dengan sistem sambung pucuk, dapat menjadi sumber penghasilan bagi orang lain di lingkungan sekitar dan meningkatkan perlindungan budidaya tanaman secara konsisten, dan diharapkan bisa menyediakan kebutuhan bahan baku industri nantinya," ulas Afrinaldi.

Ia menambahkan, manfaat yang bisa didapatkan dari pengembangan tanaman buah-buahan agar masyarakat yang menanam memperoleh keuntungan baik dari segi ekonomis maupun dari segi konsumsi sebagai makanan.

"Pengembangan tanaman buah dengan sambung pucuk ini, dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengelola potensi sumber daya alam, dimana dengan membudidayakan tanaman maka dapat membuat udara semakin bersih dan lingkungan semakin sejuk," tutup Afrinaldi. (Noel)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Terkini

Ekonomi Bisnis

HISTORIA

Adv

FACEBOOK - TWEETER

IKLAN

INFO GEMPA

IKLAN

Artikel

KARIR