29 August 2020

Hendra Pebrizal Piawai Bawa Perumda Air Minum Padang Raih Penghargaan TOP BUMD 2020


PADANG, (GemaMedianet.com— Di bawah kepemimpinan Direktur Utama (Dirut) Hendra Pebrizal, selama dua tahun berturut-turut Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meraih penghargaan di tingkat nasional.

Tahun ini Perumda Air Minum Kota Padang berhasil meraih penghargaan Top BUMD 2020 Predikat bintang empat atau sangat baik.

Penghargaan Top BUMD 2020 ini diraih oleh Perumda Air Minum Kota Padang untuk kategori Pembina BUMD yakni Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, sedangkan CEO BUMD untuk Dirut Perumda Air Minum Kota Padang dan diterima langsung oleh Hendra Pebrizal.

Terkait penghargaan tersebut, Dirut Hendra Pebrizal mengaku prestasi luar biasa ini tak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama Pemerintah Kota (Pemko) Padang dalam hal ini Walikota Padang selaku pemilik. Atensi dan dukungan selama ini cukup tinggi, terutama dalam hal pernyataan modal kepada Perumda Air Minum. 

Hal itu didukung dengan adanya perda tentang pernyataan modal terhadap Perumda Air Minum dari tahun 2019-2024 senilai 150 Miliar. 

"Alhamdulillah, pernyataan modal sudah direalisasikan 21 Miliar selama tahun 2019," tegas Hendra Pebrizal ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Dengan diraihnya penghargaan ini, sebutnya tentu akan banyak manfaat dan keuntungan yang dirasakan. Seperti peningkatan pelayanan kepada pelanggan akan ditingkatkan jauh lebih baik, sehingga target berikutnya bisa dicapai lebih paripurna lagi.

Hendra juga menyebutkan, Perumda mendapatkan penambahan jaringan. Selanjutnya, juga penambahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) 5000 ditambah 2000. Jadi, sekitar 7000 di tahun 2021. Artinya, ini salah satu bentuk pelayanan dan penambahan kapasitas Perumda.

Ia melanjutkan, menjadikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  sebagai pionir dalam memajukan perekonomian dan pembangunan daerah, merupakan tantangan berat bagi setiap CEO atau Pimpinan BUMD setempat.


Apalagi di era otonomi daerah, tuntutan terhadap setiap BUMD tidak hanya menjadi perpanjangan pemerintah daerah dalam memberikan jasa pelayanan kepada masyarakat, tapi juga harus mampu memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah.

Hal itu yang menjadi capaian Perumda Air Minum Kota Padang, setidaknya beberapa tahun terakhir. Dengan beralih status menjadi Perusahaan Umum sejak awal 2020, kinerja keuangan terus membaik, 5 tahun terakhir tidak lagi merugi.

Hendra menambahkan, Perumda Air Minum mampu memberikan kontribusi ke Pemko Padang, cakupan layanan terus meningkat dengan rata-rata pertumbuhan pelanggan baru per tahun di atas 5000 sambungan dan total pelanggan sudah mencapai 125.000 sambungan rumah, dengan pelanggan aktif saat ini 109.000 sambungan rumah, dan audit oleh BPKP, dengan kinerja baik dan sehat.

Penghargaan Top BUMD 2020 diraih oleh Perumda Air Minum Kota Padang untuk kategori Pembina BUMD yakni Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah dan CEO BUMD untuk Dirut Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal itu diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Juri, Prof DR Djohermansyah Djohan kepada Walikota Padang diwakili Wakil Walikota Hendri Septa, dan Dirut Perumda Air Minum, Hendra Pebrizal.

Keberhasilan Perumda Air Minum Kota Padang mendapat penghargaan di TOP BUMD 2020 Predikat bintang Empat atau Sangat Baik, tidak lepas dari peran, kontribusi dan dukungan Kepala Pemerintahan dalam hal ini Walikota Padang dalam mendukung peningkatan kinerja Perumda Air Minum Kota Padang.

"Semoga dengan adanya penghargaan ini, pemerintah jauh lebih memperhatikan lagi. Dikarenakan pemko selaku pembina sekaligus CEO juga mendapatkan penghargaan terhadap BUMD yang ada di daerah. Semoga prestasi gemilang ini terus dipertahankan," ujarnya

Menurutnya mempertahankan apa yang telah diraih itu sangat sulit. Meski demikian, tentu Perumda akan berupaya meningkatkan pelayanan, omset lalu memberikan kemudahan dan kualitas, termasuk memberikan pelayanan non stop 24 jam.

Untuk itu, dirut menghimbau kepada seluruh pelanggan Perumda Air Minum Kota Padang dalam rangka lebih meningkatkan kinerja, maka disarankan agar membayar tagihan air tepat waktu, tidak menunggak. Kemudian, untuk mencegah pencurian air, ilegal connection diperlukan pelanggan tertib dalam hal pembayaran, dan tentunya pelayanan akan jauh lebih baik lagi," pinta Hendra Pebrizal.

Turut hadir di kesempatan itu, Wakil Walikota Padang Hendri Septa didampingi Kabag Prokopim Amrizal Rengganis, dari Perumda Air Minum Dirut Hendra Pebrizal, Direktur Umum Afrizal Kuning, Manajer Area Pelayanan Pusat Alfitra, Asmen Humas Noviardi Zein. (UK1)

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER