24 July 2020

Irwan Basir: Penerima PKH di Kabupaten Solok Harus Tepat Sasaran


SOLOK, (GemaMedianet.com— Kunjungan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat diwakili Kabid Linjamsos Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM di Kabupaten Solok disambut langsung oleh Kepala Dinas Sosial Yandra, SE, M.Si didampingi para Kabid Dinas Sosial setempat.

Kunjungan dalam rangka memberikan bimbingan teknis (Bimtek) Pendamping PKH se-Kabupaten Solok yang dirangkaikan pertemuan Family Development Sessions (FDS) dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada masing-masing Nagari.

Kegiatan itu dilangsungkan di Aula Dinas Sosial setempat, Jalan Raya Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Rabu (22/07/2020) pagi.

Setelah bimtek, para pendamping PKH selanjutnya akan melaksanakan verifikasi serta mendeteksi pemasangan stiker pada masing - masing rumah Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Solok.

Dalam kunjungan itu Kabid Limjamsos Dinas Sosial Provinsi Sumbar Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM didampingi oleh Iskandar, S.Pd Kasi Bencana Alam, Andra Rizki S.Sos Kasi Bencana Sosial, Nanan Suryana, S.Sos Kasi Perlindungan Jaminan dan Keluarga (PKH), Mulyadi, SH serta Agustian, A.Md Staf Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Ari Suhandra Staf Jaminan Sosial Dinsos Provinsi Sumbar.

Dalam sambutannya Kabid Limjamsos Sosial Provinsi Sumbar Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengatakan, dengan adanya kondisi terkini KPM, maka para pendamping PKH diberikan bimtek sebelum turun serta bertemu langsung dengan KPM di lapangan.

"Diberikan pemahaman-pemahaman seluruh pendamping PKH dan memberikan pembinaan, bahwa adanya  FDS mempermudah verifikasi atau validasi data di Kabupaten Solok," ujarnya.

Oleh sebab itu, kata Irwan Basir, guna memudahkan pekerjaan itu dipantau secara kuantitas bagi pendamping. Hasil yang diharapkan, adalah dapatnya regulasi pada KPM dengan kesadaran sendiri. Dan teknik pekerja sosial oleh para pendamping yang telah mempunyai SDM, serta menguasai permasalahan - permasalahan sosial.

"Tidak hanya masalah kemiskinan tapi juga masalah sosial lainnya dapat didata serta membantu Dinas Sosial Kabupaten Solok dengan mudah," ujarnya.

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan Bimtek Pendamping PKH ini, sebutnya, supaya timbul motivasi dari pendamping untuk bekerja lebih baik sesuai tupoksi yang telah ditetapkan.

"Oleh sebab itu, seorang pendamping harus tahu objek fokus tugasnya, dan menjauhkan private recht (kepentingan pribadi) demi tercapainya tujuan utama dari program pemerintah ini," ujarnya mengingatkan.

Dengan demikian, ketika nantinya ada permintaan data dari Kementerian Sosial dan legislatif, validitas datanya telah teruji karena telah tersalurkan dengan baik, tepat sasaran, serta tidak menimbulkan embrio konflik-konflik sosial.

"Tidak ada keraguan data, karena tugas yang diemban adalah murni untuk mencari by name dan by address sesuai dengan permasalahan yang ada di wilayah masing - masing," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok Yandra, SE, M.Si menyampaikan terimakasih atas kunjungan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kabid Limjamsos Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM, terutama dalam hal memberikan Bimtek Pendamping PKH se-Kabupaten Solok.

Menurutnya, ini sangat membantu masyarakat dengan kondisi saat ini masih pandemi Covid-19, tentunya di daerah Kabupaten Solok belum bisa memenuhi serta mengakomodir kebutuhan.

"Dengan Bimtek serta memberikan bantuan perlengkapan oleh Dinas Sosial Sumbar ini sangat mendukung sekali dalam rangka percepatan pelaksanaan program PKH di lapangan," tukasnya.

Saat ini, Bimtek dihadiri pendamping yang berasal dari 74 Nagari di Kabupaten Solok, dan bertugas mengunjungi 21.000 KPM di lapangan, tentu harapannya ke depan ada pendekatan secara persuasif antara pendamping PKH dan  KPM.

"Dengan adanya motivasi perangsang seperti ini, maka para pendamping lebih maksimal bekerja di lapangan," ujarnya.

Yandra juga berharap, tidak hanya bantuan kali ini saja datang dari Dinas Sosial Sumbar, tapi akan ada bantuan lain yang menyusul baik dari Dinas Sosial Sumbar atau pun dari Kementerian Sosial.

"Pada gilirannya kebutuhan masyarakat miskin itu benar benar dapat diakomodir dengan berbagai kegiatan di Kabupaten Solok," pungkasnya.

Di akhir acara, Kabid Limjamsos Sosial Provinsi Sumbar Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM berkesempatan meninjau Gudang Dinas Sosial Kabupaten Solok. (*)

#Red : Uki Ratlon

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER