05 June 2020

Tanah Longsor Akibat Tingginya Curah Hujan Terjadi Lagi, Kini di Nagari Pulasan

Antrian Akibat Longsor di Jalan Penghubung Pulasan-Tanjung Gadang (Foto : GMN/Dramendra) 

SIJUNJUNG, (GemaMedianet.com— Tanah longsor akibat tingginya curah hujan yang melanda Kecamatan Tanjung Gadang kembali terjadi di Nagari Pulasan Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung.

Tanah yang berada di samping jalan kecamatan tersebut longsor pada Kamis (5/6/2020) malam. Hal tersebut dibenarkan Pandri (42), salah satu warga yang tinggal di Jorong Koto Pulasan saat melintasi tanah longsor tersebut.

"Kemarin habis magrib. Sekira jam tujuh curah hujan sangat tinggi, saya kira sebab itu longsor ini terjadi," kata Pandri saat ditemui di lokasi.

Pandri mengatakan, longsor ini terjadi diduga oleh struktur tanah yang begitu rapuh.  Ketika curah hujan tinggi, tanah tidak sanggup menahan air maka mengakibatkan longsor, jelas pandri.

Ia menambahkan, saat ini masyarakat melakukan upaya-upaya agar jalan penghubung Pulasan-Tanjung Gadang bisa dilewati. 

Dari pantauan GemaMedianet.com di lokasi, saat ini masyarakat melakukan upaya-upaya mandiri agar jalan penghubung Pulasan-Tanjung Gadang bisa dilewati pengguna jalan kecamatan itu. Longsor yang terjadi ada di beberapa titik, saat melakukan upaya tersebut membuat antrian kendaraan roda dua dan empat yang tengah melintas.

Awardi selaku wali Nagari Pulasan saat dihubungi GemaMedianet.com, membenarkan, bahwa jalan di wilayahnya itu saat ini susah dilewati karena ada longsor di beberapa titik.

Menurutnya, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui Camat Tanjung Gadang.

"Semoga saja bantuan dari daerah segera datang, untuk memperbaiki jalan yang terkena timbunan tanah tersebut," harapnya.

Namun upaya lain sebelum bantuan datang, sebutnya, telah dilakukan bersama-sama dengan masyarakat.

"Upaya itu salah satunya menggunakan mobil truk untuk menyingkirkan pohon-pohon yang tumbang dibawa oleh longsor," pungkasnya. (ndra) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER