26 April 2020

Omzet Turun Drastis, Toko Konveksi Mahmuda Tetap Bantu Masyarakat


PADANG, (GemaMedianet.com— Sungguh mulia kepribadian seorang Eri Anto, Owner Toko Konveksi Mahmuda yang terletak di Jalan Manggaraya Perumnas Belimbing-Kuranji Kota Padang).

Betapa tidak, meski omzet penjualannya menurun drastis sejak wabah virus corona (covid-19) melanda tanah air, termasuk Kota Padang dalam satu bulan terakhir, namun semangatnya untuk berbagi rezeki dengan masyarakat kurang mampu tidak pernah luntur.

Tidak banyak yang tahu bahkan nyaris luput dari perhatian media, bahwa pria kelahiran 1973 asli Rimbo Tarok Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang ini sebenarnya sudah cukup lama mengabdi dan berbuat untuk masyarakat. Namun, dirinya tidak mau dipublikasikan.

"Tak masalah. Biarlah saya di belakang layar saja. Masih banyak kok tokoh-tokoh hebat di Kuranji ini yang lebih pantas untuk diekspos ketimbang saya," ungkap Eri Mahmuda, panggilan akrabnya ketika berbincang-bincang dengan media ini di kantornya, beberapa waktu lalu.

Ia mengakui, sejak Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Kota Padang mengeluarkan kebijakan meliburkan anak-anak sekolah dan aktifitas masyarakat dibatasi guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, juga berpengaruh pada bisnis konveksi yang digelutinya. Bahkan, omzet penjualannya turun drastis hingga 90 persen lebih.

"Kalau misalnya dalam satu bulan itu omzet penjualan bisa mencapai Rp.10 juta, sekarang untuk mendapatkan satu juta saja susah. Tapi saya tetap bersabar dan terus berusaha mencari solusinya," ungkap alumni MAN 2 Padang ini dengan santai.

Eri juga menyebutkan, bisnis tersebut dirintisnya sejak tahun 2001 silam secara otodidak dengan modal cuma Rp.500 ribu. Awalnya, dirinya hanya membeli sepotong kain lalu dijual lagi ke pasar. Kemudian timbul ide untuk menjahit sendiri dan setelah menjadi pakaian baru dijual di pasaran. Lama-lama bisnis membuat pakaian jadi tersebut terus berkembang sampai dirinya mendirikan sebuah toko konveksi seperti yang ada saat ini.

"Alhamdulillah, sekarang saya sudah punya toko konveksi sendiri dan memiliki 30 orang karyawan," ujarnya.

Berbicara soal kepedulian sosial, Eri mengaku terpanggil karena dirinya berasal dari keluarga susah dulunya.

Sebagai bentuk tanda rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT, ia pun menyisihkan sebagian rezeki yang dimilikinya untuk dibagi-bagikan kepada orang-orang yang kurang mampu. 

Ada berupa uang dan ada juga dalam bentuk barang. Misalnya, menyumbangkan pakaian sekolah kepada anak-anak kurang mampu khusunya di sejumlah sekolah tingkat SD, SMP dan SMA sederajat yang ada di wilayah Kecamatan Kuranji dan Pauh.

Selain itu, Eri Mahmuda juga aktif membina olahraga bulutangkis yang diberi nama "PB Mahmuda". Melalui wadah PB Mahmuda tersebut, namanya kian melambung hingga dipercaya sebagai bendahara Pengprov PBSI Sumbar periode 2019-2024.

Meski demikian, Eri Mahmuda tidak lantas jadi besar kepala dan tetap tampil apa adanya di tengah-tengah masyarakat. Bahkan, untuk kegiatan sosial yang dilakukan anak Nagari Pauh IX seperti FKAN dan BMPN, dirinya ikut terlibat dan membantu secara diam-diam.

Sukses selalu buat Eri Mahmuda dan semoga menjadi inspirasi bagi yang lain. Amiiin. (noa)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER