12 March 2020

Bupati Pasaman Bertegas-tegas, Jangan Ada Intervensi di Pilwana Serentak 24 Nagari


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Pemerintah Kabupaten Pasaman berharap kepada nagari yang mengikuti Pilwana Serentak tanggal 29 Maret 2020 nanti dapat menyelenggarakan pemilihan secara jujur, adil dan damai.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis di ruang kerjanya, Kamis (12/3/2020).

Menurut Bupati Yusuf Lubis, Pilwana bertujuan untuk menghasilkan pemimpin nagari yang bijaksana dan bertanggung jawab. Untuk itu sangat dibutuhkan independensi dari panitia pelaksana dalam hal ini Panitia Pemilihan Wali Nagari. 

"Jangan ada intervensi dari berbagai pihak dalam pelaksanaan Pilwana nanti. Panitia Pilwana harus rajin melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga nantinya tidak ada gugatan-gugatan setelah pelaksanaan pilwana berlangsung," ujarnya.

Yusuf Lubis juga meminta agar Panitia Pilwana dapat mempersiapkan berbagai hal terkait penyelenggaraan pilwana, baik berkaitan dengan biaya, logistik dan lainnya.

"Kami juga berpesan kepada seluruh calon wali nagari yang ada di Pasaman agar dapat  menerima hasil Pilwana Serentak nanti dengan baik serta berjiwa besar siapapun yang terpilih nantinya. Semoga Wali Nagari terpilih nanti dapat memberikan yang terbaik bagi nagari dan daerah Kabupaten Pasaman ke depan, sehingga dapat menunjang kemajuan nagari dan memprioritaskan kepentingan masyarakat nagari," papar orang nomor satu di Pasaman itu.

Dia menambahkan, untuk mensukseskan Pilwana Badunsanak nanti pihaknya juga meminta dukungan dan peranan dari seluruh lini, sehingga dalam penyelengggaraan Pilwana nanti tidak terjadi perpecahan antar sesama masyarakat dari pendukung masing-masing calon Wali Nagari. 

Disamping itu, Bupati juga menegaskan kepada seluruh ASN Pasaman agar menjaga netralitasnya dalam mensukseskan pelaksanaan Pilwana Serentak tersebut. 

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM)  Kabupaten Pasaman, melalui Sekretarisnya Alim Bazar menyebutkan, bahwa pelaksanaan Pilwana serentak 2020 ini dilaksanakan karena sudah banyak Wali Nagari yang berakhir masa jabatannya di daerah ini.

"Pada tahun 2020 ini ada 24 nagari di 10 kecamatan yang akan mengikuti kontestan Pilwana Serentak lewat moto "Pilwana Badunsanak" dengan jumlah calon Wali Nagari sebanyak 114 orang," terangnya.

Kata Alim Bazar, dalam penetapan calon Wali Nagari ini semuanya sudah melalui berbagai tahapan seleksi dan tes yang independen dan bertanggung jawab.

"Bagi bakal calon wali nagari nya yang lebih dari lima orang,  kemarin juga sudah dilaksanakan Fit and Propertest. Ujian tersebut, dilakukan oleh tim Independen yang melibatkan dua perguruan tinggi di Pasaman yakni STIH Yappas dan STAI Lubuksikaping," katanya.  (M. Rizky)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER