12 February 2020

Reses Azwar Siry : Wujudkan Sekolah Satu Shift, Ruang Kelas Baru Skala Prioritas Tahun 2021


PADANG, (GemaMedianet.com— Ruang kelas dan pagar sekolah mengemuka dalam usulan yang disampaikan kepala SD dan SMP pada reses masa sidang I Tahun 2020 bersama Anggota DPRD Kota Padang, Azwar Siry di Aula Gedung Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nanggalo, Selasa (11/2/2020).

Selain itu, beberapa persoalan kebutuhan sarana dan prasarana sekolah lainnya juga mengemuka. Diantaranya mobiler meja dan kursi, alat musik, mushalla, perpustakaan dan UKS, dan sebagainya.

Dari keterangan para kepala sekolah tersebut, kebutuhan sarana dan prasarana ruang kelas erat kaitannya dengan efektivitas proses belajar mengajar. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak sekolah dua shift pagi dan siang. Dengan penambahan ruang kelas baru dapat mewujudkan sekolah satu shift di Kota Padang.

Menanggapi persoalan sekolah di daerah pemilihan (Dapil) V, yakni Kecamatan Nanggalo, Padang Utara dan Padang Barat tersebut, Azwar Siry yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang ini menyebutkan, kebutuhan terhadap ruang kelas baru (RKB) saat ini cukup besar hingga 2000 RKB. 

Sementara tahun ini, lanjutnya, Pemerintah Kota Padang baru merencanakan akan membangun 500 RKB. 

Tentu dengan jumlah sedemikian, kata Azwar Siry lagi, angka itu belum ideal dari kebutuhan yang sebenarnya. Oleh karena itu DPRD berharap program pembangunan RKB ini perlu terus berkelanjutan. 

"Belum lagi masih banyak bangunan sekolah yang ada saat ini merupakan bangunan lama, sehingga perlu peremajaan," tukasnya. 

Begitu juga dengan persoalan pagar sekolah, menjadi perhatian bagi pula bagi DPRD. 

"Adalah sangat membahayakan keselamatan anak–anak jika sekolah tanpa pagar, terutama bagi sekolah apalagi yang berlokasi di pinggir jalan raya," jelasnya. 

Apa yang menjadi aspirasi pada pertemuan dan silaturahmi dalam masa reses DPRD ini akan menjadi catatan bagi anggota untuk dimasukkan pada penganggaran tahun berikutnya. 

"Sebagai wakil rakyat tentu aspirasi masyarakat akan kita perjuangkan masuk dalam APBD tahun 2021," tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Habibul Fuadi yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan, selain merencanakan pembangunan 500 RKB dalam tahun ini, Pemko juga merencanakan penambahan 110 RKB tahun berikutnya. 

"Untuk tahun berikutnya juga masih ada peluang terhadap usulan rehab sekolah, silahkan para kepala sekolah mengajukannya," ajak mantan Kepala BKPSDM ini. 

Dalam pertemuan dan silaturahmi tersebut turut hadir Camat Padang Utara Fajar Sukma, mewakili Kapolsek Nanggalo, Padang Utara dan Padang Barat, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (uki) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER