11 Mei 2019

Gandeng BBPOM, Pasa Pabukoan Pasar Raya Padang Dipastikan Aman Dari Zat Berbahaya


PADANG(GemaMedianet.com— Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perdagangan bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang kembali memantau 'Pasar Pabukoan'.

"Upaya ini demi memastikan seluruh menu kuliner yang disajikan aman dan terhindar dari zat berbahaya. Sehingga memberikan kepastian kepada masyarakat yang hendak membelinya," kata Walikota Padang Mahyeldi setelah melakukan pemeriksaan lebih 40 sampel menu kuliner pabukoan yang dijual para pedagang di Pasa Pabukoan Pasar Raya Padang depan Blok III, Rabu (8/5/2019). 

Dari hasil pemeriksaan, sebut Mahyeldi mendapati bahwa seluruh pedagang yang berjualan di pasa pabukoan tersebut merupakan pedagang lama, hanya sebagian pedagang baru. Terhadap para pedagang yang berjualan tersebut dilakukan pembinaan serta diperingati agar tidak menggunakan bahan berbahaya bagi kesehatan.

Dijelaskan, dengan dilakukannya pembinaan oleh dinas perdagangan, dipastikan seluruh pedagang sekitar tidak akan menggunakan bahan berbahaya bagi kesehatan. Apalagi untuk kepastian itu, Pemerintah Kota Padang menggandeng BBPOM. 

“Untuk membuktikan itu, makanya kita menggandeng BBPOM Padang guna menguji seluruh kuliner yang diperjual belikan pedagang,” tambahnya.

Kepala BPOM di Padang, Martin Suhendri dalam kesempatan itu menyampaikan, dalam giat tersebut pihaknya tidak menemukan zat berbahaya yang digunakan pedagang setelah dilakukan uji sampel terhadap beberapa makanan yang dicurigai mengandung zat berbahaya.

“Alhamdulilah, untuk hari ini dari uji sampel tidak ditemukan zat berbahaya atau bebas dari Formalin dan Rhodamin. Namun pengawasan akan terus dilakukan kepada jajanan di pasa pabukoan ini,” ungkapnya.

Martin menegaskan, jika nantinya ditemukan zat berbahaya yang terkandung pada jajanan tersebut, akan dilakukan penindakan bersama OPD terkait. 

Selain memeriksa Pasa Pabukoan Pasar Raya Padang, pihaknya juga membagi tim untuk memeriksa kuliner pabukoan di pasar pabukoan yang ada di Kota Padang.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Padang, Endrizal mengatakan, sebelum didirikannya pasa pabukoan tersebut pihaknya telah melakukan pembinaan pada seluruh pedagang.

Menurutnya, seluruh pedagang yang berjualan di pasa pasukan jauh hari sudah diingatkan. Oleh karena itu jika kemudian mereka ketahuan menggunakan bahan berbahaya, pihaknya akan menindaknya sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku.

"Insya Allah, kita selektif menerima pedagang yang berjualan di pasa pabukoan ini. Jangan sampai dagangan mereka nantinya merugikan masyarakat,” tegas Endrizal.

Dijelaskan, dengan diambilnya sampel seluruh makanan yang ada di Pasa Pabukoan Pasar Raya Padang, berarti telah dipastikan kuliner yang dijual pedagang tidak ada yang mengandung bahan berbahaya.

“Dengan demikian masyarakat jangan ragu, silahkan berbelanja pabukoan di Pasa Pabukoan Pasar Raya Padang,” pungkasnya. 

Dalam pemantauan Pasa Pabukuoan tersebut juga diikuti Kepala Dinas Pangan Syahrial, Kabag Perekonomian Edi Dharma, serta unsur terkait lainnya. (David/Rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan