24 Juli 2018

Dinas Pariwisata Sumbar Dorong Desainer Jadi Enterpreneur Lewat MFF 2018


PADANG, (GemaMedianet.com) — Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat  (Sumbar) kembali menggelar iven Minangkabau Fashion Festival (MFF) 2018. Ajang yang menggali potensi desainer muda Ranah Minang ini untuk mendorong desainer tidak hanya melahirkan karya, tetapi juga memiliki jiwa enterpreneur.

Fashion ini merupakan produk yang lahir dari tangan para desainer. Sedangkan para perajin yang melahirkan berbagai karya. Oleh karena itu dengan MFF Dinas Pariwisata ingin mendorong mereka selain melahirkan karya, sekaligus juga memiliki jiwa enterpreneur.

Sebab peluang pasar fashion itu sangat besar. Produk kerajinan asal Sumbar sudah tak asing lagi bagi pasar fashion. Tetapi butuh sentuhan lebih agar bisa bersaing dengan produk lainnya, terutama di luar negeri.

MFF kali ini masing-masing berupa Lomba (1) Kreasi Busana Tradisional Pengantin Minangkabau, (2) Membuat Kreasi Baju Muslim (Pesta), dan (3) Desainer motif batik Minang.

Derliati, S.ST, MPd, Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang juga sebagai Ketua pelaksana MFF mengatakan, animo masyarakat dengan adanya MFF sangat positif untuk ikut berperan dalam ajang ini.

"Oleh karenanya sebelum diadakan festival akan dilaksanakan roadshow keliling beberapa kabupaten dan kota di Sumbar," jelasnya.

Derliati menambahkan, Fashion itu sangat pesat perkembangannya dan merupakan penyumbang pendapatan negara di kabupaten/kota.

Pihaknya juga ingin mendorong para pelaku desainer maupun perajin untuk mengembangkan talentanya. "Tak hanya berupa kreasi dan inovasi, tetapi juga jiwa enterpreneur,” ujarnya.

Ua juga menyebutkan, pesertanya berasal dari kalangan siswa sekolah desain, sekolah fashion desain, pengrajin, UKM, Rias Pengantin dan Umum. Karya peserta harus orisinil dan tidak plagiat. "Desain yang masuk nominasi 10 besar, nantinya jadi milik panitia dan dipergunakan untuk kepentingan," tuturnya.

Konsep desain dibuat di atas kertas HVS (A4) dengan menggunakan huruf Times News Roman 12 pt dan spasi 1,5. Dan karya desain, deskripsi, biodata peserta dikirim kepada Panitia MFF Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Jalan Khatib Sulaiman Nomor 7 Padang (Hard copy dan soft copy dalam CD) dimasukan dalam amplop, atau diantar langsung ke sekretariat panitia. Dewan juri bekerja secara profesional dan keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Ada juga ketentuan khusus, peserta merupakan warga negara Indonesia berKTP Sumatera Barat, usia tidak lebih dari 37 tahun dan saat lomba dilampirkan fotokopi KTP atau SIM.

Hasil karya harus inovatif (mampu menciptakan karya baru yang terinspirasi dari budaya lokal (motif, hiasan, bahan dan lainnya) dan kreatif (mampu mengembangkan karya yang berbeda) dengan mencerminkan potensi lokal.

Nah, untuk informasi lebih lengkapnya, masyarakat atau peserta lomba silahkan menghubungi Panitia Festival Fashion 2018 di Dinas Pariwisata Sumbar Jln. Khatib Sulaiman No. 7 Padang.

Keterangan lebih lanjut silahkan hubungi Hp/ WA : 085272 430789
Email : mmf.lomba@gmail.com (em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan