30 Mei 2024

Disperpusip Gelar Lomba Video Pendek "Padang Dalam Catatan dan Fakta Sejarah"


PADANG, (GemaMedianet.com) I Dalam rangkaian HUT Kota Padang yang ke-355, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Padang akan menggelar Lomba Video Pendek. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan M Ferimulyani Hamid pada sejumlah awak media di kantornya, Selasa (28/5/2024) 

Menurutnya, Lomba Video Pendek dengan tema "Padang dalam Catatan dan Fakta Sejarah" itu berdurasi lima menit. 

"Kami mengharapkan, dengan adanya lomba video ini dapat menyajikan literasi tentang sejarah Kota Padang," ucapnya. 

Feri Mulyani Hamid menambahkan, biasanya karya historiografi hanya dituangkan dalam bentuk tulisan seperti artikel, makalah, jurnal maupun buku.

"Bagi sebagian orang, sejarah dianggap masa lalu. Padahal, untuk menciptakan sejarah yang menarik untuk dinikmati di zaman sekarang ini,  hanya perlu menciptakan ruang dan kemasan yang baru untuk bisa sampai atau menjadi konsumsi dan informasi  masyarakat. Oleh karena itu, lomba pembuatan video sejarah dapat membantu melihat sejarah lebih baik lagi," ujarnya.

Apalagi, menurutnya, di era digitalisasi ini, histori sejarah yang awalnya berbentuk tulisan, perlu dialih mediakan ke dalam bentuk video pendek.

"Hasil riset sejarah akan lebih mudah, menarik  dan efektif untuk diinformasikan kepada masyarakat. Kehadiran video yang menyajikan  informasi di tengah kehidupan manusia dewasa ini semakin penting dan setara dengan media informasi lainnya. Dengan keberadaan praktis video informasi sebanding dengan kebutuhan akan sandang dan pangan, maka dari itu informasi berupa video menjadi bagian dalam dunia perpustakaan," jabarnya.

Selain itu, lomba video pendek ini bertujuan untuk meningkatkan promosi minat baca di Kota Padang.

"Lomba ini berpeluang akan berdampak pada meningkatnya literasi historiografi masyarakat. Apalagi, kehadiran video dapat menyajikan informasi yang setara dengan media informasi lainnya," jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, Feri Mulyani Hamid menjelaskan lomba video pendek ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya.

"Peserta dari individu atau kelompok, mendaftar melalui link pendaftaran http://festivalceritadispusippadang.wordpress.com yang sudah disiapkan panitia, Objek video berada di Kota Padang, dengan masa produksi 2023 sampai batas akhir pengiriman karya dan wajib mengikuti akun Instagram @perpustakaankotapadang dan @dispusippadang," jelasnya.

Peserta diwajibkan untuk follow akun media sosial Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang dan Perpustakaan Umum Kota Padang.  Dan juga, peserta tidak mengunci akun medsos yang digunakan. 

"Peserta hanya boleh mengirimkan 1 video," paparnya.

Untuk mengikuti lomba, peserta dapat mendaftarkan diri pada 28 Mei - 28 Juni 2024. Penilaian akan dilakukan setelah penutupan pendaftaran. Pengumuman pemenang diumumkan pada rangkaian HUT Kota Padang. (d)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan