14 Desember 2022

Lomba PBB Dasar Tingkat SD se Kabupaten Dharmasraya Digelar di Mapolsek Pulau Punjung



DHARMASRAYA, (GemaMedianet.com) | Untuk menumbuhkan kedisplinan anak- anak sejak dini, sekaligus menumbuhkan cinta tanah Air dan menjadi anak berprestasi, Polsek Pulau Punjung Polres Dharmasraya menggelar Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) Dasar.

Kegiatan yang diikuti ratusan anak sekolah dasar (SD) se Kabupaten Dharmasraya itu dilaksanakan di Mapolsek Pulau Punjung, Selasa (13/12/2022) pagi.

Pembukaan kegiatan yang dimulai sekira pukul 09.00 WIB itu dihadiri langsung oleh Kapolsek Pulau Punjung Iptu Rasfaizal, SH, Kanit Binmas Polsek Pulau Punjung IPDA Haris M, SH dan juri pelaksanaan kegiatan lomba terdiri dari Aiptu Jonilatu Padison, Sertu Aldiwal P, dan Drs. Burhanudin P.

Turut hadir para guru SD pendamping kegiatan lomba, Para wali murid, dan murid SD peserta lomba yang berasal dari SDN 19 Pulau Punjung, SDN 13, SDN 11, SDN 05, SDN 09, SDN 14, SDN 03, MI Al-Azhar, SDN 08, SDN 06, SDN 07 Pulau Punjung dan SDN 13 IX Koto. Total keseluruhan yang hadir Iebih kurang 300 orang.

BACA JUGA  Lomba PBB Dasar Tingkat SD Se Pulau Punjung Dimatangkan di Mapolsek Pulau Punjung

Pada apel pembukaan Lomba PBB Dasar itu, Kapolsek Pulau Punjung dalam arahannya mengucapkan salam dan hormat kepada bapak/ibu para guru dan murid-murid yang menjadi peserta.

Dikatakan, kegiatan lomba PBB dasar ini bertujuan untuk menumbuhkan kedisplinan anak-anak dan cinta tanah air serta menjadi anak berprestasi.

Oleh karena itu, lomba PBB Dasar ini diikuti murid-murid SD se-Kab. Dharmasraya yang diseleksi terlebih dahulu di tingkat Kecamatan (Polsek) dan akan dinilai oleh juri. Kemudian dari hasil lomba yang keluar menjadi juara satu akan bertanding di tingkat kabupaten (Polres Dharmasraya)

"Selamat berlomba dan meraih prestasi," ujar Kapolsek Iptu Rasfaizal sembari membuka lomba tersebut secara resmi.

Terkait kategori penilaian Lomba PBB Dasar, Juri pelaksanaan kegiatan lomba menyampaikan
beberapa kategori diantaranya Kepemimpinan Danton dalam memberi aba-aba, kemudian kostum berupa keserasian, kerapian
dan keindahan.

Berikutnya, kategori gerakan dasar meliputi sikap siap, sikap istirahat di tempat, pemeriksaan kerapian, sikap hormat, berhitung dan sebagainya. Kategori gerakan di tempat berupa hadap kanan/kiri, balik kanan/kiri, serong kanan/kiri, jalan di tempat dan sebagainya.

Selanjutnya, Gerakan pindah di tempat meliputi empat langkah/dua langkah ke kanan, ke kiri, ke depan dan ke samping. Kemudian, Haluan kanan ke kiri.

Kategori Gerakan jalan berupa maju jalan, langkah tegap dan sebagainya. Kemudian, Gerakan Variasi terdiri dari kekompakan gerakan, keindahan gerakan, dan Formasi meliputi kekompakan dan ekspresi, serta keseragaman gerakan.

Kegiatan Lomba PBB Dasar itu selesai sekira pukul 13.30 WIB dan menghasilkan juara kecamatan, yakni Kecamatan Pulau Punjung dengan Juara 1 SDN 09 Pulau Punjung. Sedangkan Kecamatan Sembilan Koto, Juara 1 diraih SDN 13 Sembilan Koto. Kedua juara 1 tersebut, selanjutnya akan bertarung ke tingkat kabupaten/polres pada tanggal 3 Januari 2023.

Usai pengumuman pemenang oleh Juri dan pemberian piala trophy kepada juara, kegiatan selanjutnya  ditutup dan diakhiri dengan photo bersama.

(mz/fs)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

Wedding Of

Wedding Of

POLDA SUMBAR

JMSI

JMSI

KOMUNITAS

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

Khazanah

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


HISTORIA


Rantau


Opini


FACEBOOK - TWEETER


BUMN










Adv