14 Desember 2022

Diskominfotik dan Diskominfo Pasaman Gelar Diseminasi Informasi “Menuju Sumbar Zero Stunting"



PASAMAN, (GemaMedianet.com) | Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pasaman, menggelar Diseminasi Informasi dengan tema “Menuju Sumatera Barat Zero Stunting”, di gedung Syamsiar Thaib, Rabu (14/12/2022).

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Pasaman diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman, Diskominfotik Provinsi Sumbar Defi Astina, SH, Kadis Diskominfotik Kabupaten Pasaman Budi Hermawan dan peserta.

Mewakili Bupati Pasaman, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Drs Yasri Uripsyah mengatakan, berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2021 diketahui satu dari empat anak Indonesia mengalami Stunting.

Prevelensi Stunting di Indonesia Tahun 2021 sebesar 24,4 %, Provinsi Sumbar sebesar 23.3 % dan Kabupaten Pasaman adalah 30,2%,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, untuk mencapai target 14 persen pada Tahun 2024, penurunan angka stunting harus lebih cepat dari yang terjadi saat ini.

“Strategi Nasional percepatan penurunan stunting bertujuan untuk mempercepat pencegahan stunting dalam kerangka kebijakan dan institusi yang ada,” ungkapnya.

Yasri juga menjelaskan, strategi Nasional tersebut terdiri dari lima pilar dimana pilar ketiga yaitu konvergensi program pusat, daerah dan desa bertujuan untuk memperkuat konvergensi melalui koordinasi dan konsolidasi program dan kegiatan pusat, daerah dan desa.

Kemudian sebagai dasar tim percepatan penurunan stunting baik kabupaten, kecamatan dan nagari melakukan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan kegiatan intervensi stunting di Kabupaten Pasaman.

Diperlukan data balita yang mengalami stunting dan faktor determinan yang akan ditindaklanjuti sesuai tupoksi masing-masing,” tuturnya.

Asisten II berharap kegiatan ini akan meningkatkan komitmen semua sektor terkait untuk penurunan stunting di Kabupaten Pasaman. 

(Noel)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

Wedding Of

Wedding Of

POLDA SUMBAR

JMSI

JMSI

KOMUNITAS

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

Khazanah

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


HISTORIA


Rantau


Opini


FACEBOOK - TWEETER


BUMN










Adv