10 Agustus 2022

Menanam Durian, Pertama di Rakernas APEKSI





PADANG, (GemaMedianet.com| Pertama dalam sejarah Rakernas Apeksi, para Wali Kota menanam satu jenis tanaman. Di kebun buah Apeksi Balai Pembibitan dan Agrowisata Sei Lareh, Dinas Pertanian Kota Padang.

“Biasanya dalam Rakernas Apeksi para Wali Kota menanam berbagai jenis pohon atau tanaman khas daerahnya. Namun, sekarang di Kota Padang, kita menanam satu jenis pohon buah, yaitu durian. Ini berbeda dari sebelumnya, dan pertama dilakukan dalam Rakernas Apeksi,” kata Wali Kota Padang, Hendri Septa, sebelum penanaman durian di Kebun Apeksi, Senin (8/8/2022).

Disampaikan Hendri Septa, ada 6 varietas durian yang ditanam di Kebun Buah Apeksi ini. Yaitu, durian MK Hortimart, Kromo Banyumas, Nambung Petaling, Matahari, Tambago Sungai Tarab, dan Kalumpang Sijunjung.

“Selain itu ada juga Wali Kota yang membawa bibit durian khas daerahnya. Mudah-mudahan bapak dan ibu bisa kembali tiga tahun lagi untuk melihat dan memanen durian ini,” pungkas Wakil Ketua Bidang Pembangunan Apeksi itu.

Sementara itu, Ketua Apeksi, Bima Arya Sugiarto, mengungkapkan, menanam adalah tradisi Apeksi setiap tahun. Hal ini, ujar Bima Arya, menandakan Wali Kota peduli masa depan, cinta lingkungan, mendorong gerakan tanam dan ketahanan pangan.

“Tahun ini istimewa. Tahun ini spesial. Sepemahaman saya, belum pernah ada dalam Rakernas Apeksi menanam durian. Sebagai penggemar durian garis keras, mengapresiasi luar biasa penanaman ini. Mari menanam. Mari mempersiapkan masa depan," ujar Wali Kota Bogor itu.

"Insya Allah, kita akan reunian lagi di sini. Para alumni apeksi akan berkumpul di sini, panen dan makan durian sambil menikmati alam yang indah ini. Terima kasih Pak Wali Kota Padang,” harapnya.

Selanjutnya, dilakukan penanaman durian oleh para Wali Kota peserta Rakernas Apeksi 2022. Kemudian, makan durian bersama di lokasi penanaman tersebut. (pkp)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR