09 Juli 2022

Bhabin Polsek Sungai Limau Data Hewan Ternak Terkena PMK di Nagari Gasan Gadang



PARIAMAN, (GemaMedianet.com| Dalam rangka pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)hy, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Limau Polres Pariaman Bripka Syafri Nofiardi melaksaksanakan door to door system (DDS) di wilayah binaannya, Nagari Gasan Gadang, Kecamatan Batang Gasang Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (7/7/2022).

Dalam kegiatan DDS itu, Bhabinkamtibmas melakukan pendataan PMK di sejumlah kandang hewan ternak di wilayah binaan Nagari Gasan Gadang.

Di kesempatan itu, Bripka Syafri Nofiardi menyampaikan sejumlah ciri-ciri hewan ternak yang terkena virus PMK yakni Demam tinggi, keluar air liur berlebihan, pelepuhan di bagian gusi, lidah dan mulut, terlihat seperti sariawan, kuku kaki terlihat nodul dan terluka, ternak mengalami kepincangan karena kuku terkelupas, serta ternak ambruk tidak bisa berdiri.

Untuk itu dia menghimbau warga masyarakat yang memiliki hewan ternak sapi agar mengantisipasi adanya ciri PMK dengan melakukan pencegahan.

Beberapa pencegahan itu, yakni dengan selalu rutin memeriksa kondisi kesehatan hewan ternaknya dan memperhatikan pakan serta kebersihan kandang.

Kemudian melaporkannya kepada aparat terkait bilamana menemukan adanya indikasi hewan ternak terkena virus PMK tesebut, jelasnya.

Dari pendataan yang dilakukan itu terdapat sebanyak 17 ekor hewan ternak terdiri dari 11 ekor kerbau dan 6 ekor sapi terkena PMK.

"Rinciannya yakni Pemilik an.Edison dengan Ternak Kerbau Jantan 2 Ekor di Korong Mandahiling, Pemilik an.Jafiri dengan Ternak Sapi jantan 2 ekor di Korong Mandahiling, Pemilik an. Zainir SK dengan Ternak Kerbau betina 2 Ekor di Korong Mandahiling, Pemilik an.Amirusin dengan Ternak Kerbau jantan 2 ekor dan Ternak Sapi jantan 1 Ekor di Korong Mandahiling, Pemilik Sidi Kura dengan Ternak Sapi betina 2 ekor dan 1 ekor jantan di Korong Mandahiling, Pemilik an.Adi Tanjung dengan Ternak kerbau betina 4 ekor dan 2 ekor jantan di Korong Koto Muaro," terangnya.

(mz/fs)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan