04 Juni 2022

Tingkatkan Kapasitas Jelang Pemilu Serentak 2024, ASN Sekretariat KPU Se-Sumbar Ikuti Latsar Tata Kelola Pemilu



PADANG, (GemaMedianet.com) Jelang Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu (Latsar TKP) bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia. 

Latsar yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas ASN KPU ini dilaksanakan pada 2-21 Juni 2022, dan akan diikuti oleh 8.193 orang ASN KPU yang tersebar di 34 provinsi. 

Dalam surat Sekretaris Jendral (Sekjen) KPU No. 1164/PLB.02-SD/13/2022 diinstruksikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan satu hari penuh oleh KPU provinsi dan diikuti oleh seluruh ASN KPU provinsi dan kabupaten/kota di wilayah tersebut. 

KPU Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terpilih sebagai KPU provinsi yang melaksanakan Latsar TKP pada hari pertama, Kamis (2/6/2022). 

Bertempat di Hotel Santika Premiere, Jln. Ahmad Yani Padang, Latsar ini diikuti oleh 320 ASN KPU Sumbar dan 19 KPU Kab/Kota se-Sumbar. 

Pemateri yang hadir adalah Anggota Tim Pakar KPU RI, Nazir Salim Manik dan pelatihan difasilitasi oleh Tenaga Ahli KPU RI, Fadlilah Mohammad. 

Dalam sambutannya secara daring, Sekjen KPU, Bernad Dermawan Sutrisno menekankan, kegiatan ini merupakan bagian dari konsolidasi organisasi dalam rangka merapatkan barisan sebelum kesibukan tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 dimulai. 

“Kesekretariatan KPU berada dalam satu kesatuan manajemen yang bersifat hierarki dan monoloyalitas, harus mampu menjadi ASN yang unggul dalam pengetahuan (knowledge), keahlian dan keterampilan (skill), serta sikap/etos kerja (attitude) dalam menghadapi tantangan pelaksanaan tugas,” tegas Bernad.

Latsar diawali dengan pretest untuk mengukur kemampuan dan pemahaman ASN KPU dengan bidang pekerjaannya. Kemudian peserta diberikan materi tentang dasar-dasar pemilu dan demokrasi, juga materi kesekretariatan penyelenggara pemilu yang independen. 

Setelah itu dilaksanakan diskusi dan tanya jawab dimana peserta menyampaikan pengalamannya ketika penyelenggarakan pemilu dan pemilihan di wilayah masing-masing. Kegiatan ditutup dengan pelaksanaan posttest yang akan menjadi acuan indikator pemahaman dan keberhasilan pelaksanaan Latsar.

Dalam sambutannya sebelum menutup kegiatan, Sekretaris KPU Sumbar, Firman,  menyampaikan apresiasinya kepada seluruh ASN KPU se-Sumbar yang telah mengikuti kegiatan ini dengan antusias. 

“Saya berkeyakinan Sumbar akan menjadi provinsi pertama yang seluruh ASN-nya lulus Latsar TKP ini. Kami berharap setelah mengikuti kegiatan ini, kita semua mempunyai pemahaman yang sama dan spirit yang kembali diperbarui untuk melaksanakan tugas dan fungsi kita sebagai sekretariat KPU dalam menyukseskan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024,” tutup Firman.

Pelatihan TKP ini dirancang menjadi pelatihan rutin dan berkelanjutan yang merupakan program Pusat Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan KPU RI sebagai pelatihan teknis penguatan kelembagaan KPU. (pr)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan