13 Juli 2021

Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemko Payakumbuh Gelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja BLUD


PAYAKUMBUH, (GemaMedianet.com| Dalam rangka meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Perekonomian menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) berdasarkan Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 di ruang Rapat Ampangan, Selasa (13/7/2021).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten II Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Payakumbuh Elzadaswarman didampingi Kepala Bagian Perekonomian Arif Siswandi serta Narasumber Koordinator pengawasan BPKP Provinsi Sumatera Barat Sudiro dan Auditor Madya BPKP Provinsi Sumatera Barat Alinursal Noer. 

Asisten II Setda Kota Payakumbuh Elzadaswarman dalam sambutannya mengatakan, maksud dari sosialisasi ini untuk memberikan informasi tentang pentingnya perubahan regulasi Permendagri terkait BLUD dalam menjawab tantangan pembangunan di bidang kesehatan, dalam rangka memberikan pemahaman tentang beberapa prinsip perubahan dari Permendagri Nomor 61 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan BLUD, serta menyamakan persepsi tentang subtansi dari Permendagri Nomor 79 Tahun 2018.

"Di Kota Payakumbuh kita mempunyai 11 BLUD, tentu ini kita lakukan peningkatan, persiapan, pematangan mekanisme dan tata kelola sehingga pelayanan tetap menjadi primadona dan kepuasan pelanggan itu nomor 1," ujarnya. 

Asisten II yang akrab disapa Om Zet ini menjelaskan, berbeda dengan SKPD atau OPD yang lain, Pengelolaan BLUD memberikan fleksibelitas berupa keluwesan untuk menetapkan praktek bisnis demi kesejahteraan masyarakat. 

"Perlu pola pengelolaan yang mengorganisir dengan baik, melalui sumber daya secara maksimal. 

Pengelolaan BLUD digunakan serta dipertanggungjawabkan sendiri dan nanti ada laporannya yang perlu kita sikapi bersama. Intinya adalah keberadaan BLUD memberikan keluwesan dan fleksibelitas bagaimana tetap memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna dan stakeholder yang berhubungan dengan BLUD," terang om Zet

Dia berharap, dengan adanya sosialisasi dan narasumber yang sangat handal merupakan harapan besar untuk peserta yang hadir, agar dapat menampung ilmu yang diberikan dan adanya persamaan persepsi dari pihak-pihak yang terkait.

"Mari kita bersama-sama berusaha mewujudkan cita-cita Pemerintah Kota Payakumbuh dalam meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan masyarakat dengan saling bekerja bersama-sama, berkoordinasi dan bersinergi dengan baik untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat," pungkas Om Zet. (CAN) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan