16 March 2021

Tommy Irawan Shandra Terpilih Aklamasi Pimpin KONI Kabupaten Pasaman


PASAMAN (GemaMedianet.com 
Melalui pemilihan secara aklamasi, akhirnya Tommy Irawan Shandra terpilih sebagai Ketua Umum Komite olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pasaman periode 2021-2025.

Dari 29 cabang olahraga serta KONI Sumbar dan KONI Kabupaten Pasaman domisioner sebagai pemegang hak suara, nyaris seluruhnya mempercayakan "kemudi" KONI Pasaman kepada Tommy Irawan Shandra. Seorang Pengusaha Muda Pasaman yang berkiprah di bidang jasa konstruksi, serta menjabat sebagai Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab. Pasaman.

Sebelumnya, KONI Kabupaten Pasaman menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) VII dalam rangka pertanggungjawaban Pengurus KONI periode 2016–2021, sekaligus pemilihan pengurus baru di Aula Lantai III Kantor Bupati Pasaman, Selasa (16/3/2021).

Acara dibuka Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, dan dihadiri Pengurus KONI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), unsur Forkopimda, para Asisten dan Kepala SKPD, jajaran KONI Kabupaten Pasaman, serta peserta Musorkab diikuti oleh  29 cabang olahraga yang aktif masa kepengurusannya sedangkan 5 cabang olahraga sudah habis masa kepengurusannya.  

Sesuai Tema Musorkab yakni "Mewujudkan prestasi Altet Olahraga Pasaman Yang Unggul Menuju Event Tingkat Nasional".

Tujuan Musorkab antara lain menetapkan program pembinaan jangka pendek, menengah dan panjang untuk para atlet Pasaman pada kepengurusan KONI yang baru. Demikian disampaikan Andi Nur Bintang dalam laporannya selaku Panitia Penyelenggara Musorkab.

Andi Nur Bintang juga meminta dukungan, motivasi dan arahan dari unsur pemerintah daerah dan KONI Sumbar bagi pengurus KONI Pasaman terpilih nanti dalam menjalankan roda organisasi.

Kata Nur Bintang, KONI Kabupaten Pasaman masa bakti 2016-2020 sudah habis masa jabatannya tanggal 18 Mei 2020, namun karena menjelang berakhirnya masa bakti kepengurusan KONI Pasaman dalam keadaan masa Pandemi dan menghadapi pemilu serentak tahun 2020, maka KONI Provinsi Sumbar berdasarkan AD/ART KONI memperpanjang masa bakti kepengurusan sampai tanggal 19 November 2020.

"Seharusnya kita menyelenggarakan Musorkab VII KONI Pasaman pada bulan Desember 2020, namun karena anggaran 2021 belum dapat dicairkan maka kita belum bisa melaksanakan Musorkab, dan untuk tidak terjadi kefakuman kepengurusan KONI Pasaman maka KONI Sumbar kembali memperpanjang kedua masa bakti kepengurusan KONI Pasaman yang berakhir tanggal 19 Maret 2021. Tetapi kita belum juga dapat melaksanakan Musorkab, karena anggaran KONI Pasaman untuk kegiatan dimaksud belum juga cair. Sehingga pada bulan Maret 2021 barulah ada kepastian tentang anggaran KONI 2021 sesuai SK Bupati Pasaman Nomor : 188.45/129/BUP-PAS/2021 tanggal 4 Maret 2021 tentang pemberian belanja hibah kepada KONI Kabupaten Pasaman tahun 2021," terangnya.

Selanjutnya kata Nur Bintang, SK perpanjangan kedua KONI Sumbar berakhir tanggal 19 Maret 2021, tentu saja kita dapat menyelenggarakan Musorkab VII KONI Pasaman. Agar kegiatan Musorkab dapat berjalan sesuai dengan AAD/ART KONI sebagai dasar bagi kita untuk menyelenggarakan Musorkab VII KONI Pasaman tahun 2021.

Ahmad Zein selaku Ketua KONI periode 2016 -2021 menyampaikan rasa bangganya kepada jajaran pengurus yang mampu bekerja bersama dirinya dalam organisasi olahraga tersebut.

"Saat ini saya merasa bangga sebagai Ketum KONI Pasaman, karena mampu berinteraksi dengan semua unsur olahraga dalam rangka melaksanakan amanah KONI,” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada para calon pemimpin KONI mendatang agar bisa memahami dan memiliki ruh olahraga.

"Calon pemimpin atau pengurus yang akan datang harus bisa memahami ruh olahraga," ucapnya.

Dia juga berharap para pengurus KONI yang akan datang mampu melaksanakan peran keorganisasian dengan lebih baik.

"Mudah-mudahan pengurus yang akan datang bisa mempertahankan posisi prestasi saat ini, dan bahkan lebih baik dan meningkat.  Bekerjalah dengan ikhlas,” imbuhnya.

Ketua Umum KONI Sumbar, Syaiful  dalam sambutannya mengingatkan, bahwa KONI sebagai lembaga yang membantu pemerintah dan pemerintah daerah dalam olahraga prestasi, keorganisasiannya tidak dicampuri dengan urusan yang berbau politik. 

"Dalam dunia olahraga sangat dijunjung sportivitas. Oleh karena itu, KONI jangan sampai direcoki dengan kepentingan-kepentingan politik. Meski dalam struktur kepengurusannya diperlukan politisi dan para profesional dalam menjalankan organisasi, namun jangan sampai olahraga dipolitisasi,” tegasnya.

Sementara, Wakil Bupati Sabar AS menyampaikan terima kasih atas pengabdian jajaran pengurus KONI periode 2016 – 2021. 

“Atas nama pribadi dan pemerintah, saya sampaikan selamat dan terima kasih kepada Ahmad Zein dan jajarannya yang telah mengabdikan dirinya untuk berperan demi kepentingan dan kemajuan organisasi serta olahraga di Pasaman,” tutur Wakil Bupati.

Sabar AS juga sangat mengapresiasi berbagai prestasi yang telah ditorehkan para atlet Pasaman di kancah olahraga baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Prestasi atlet Pasaman sungguh luar biasa," sebutnya.

Wakil Bupati berharap kemajuan yang dicapai KONI Pasaman saat ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

"Melalui Musorkab ini, mudah-mudahan dapat disusun program kerja yang positif untuk kemajuan olahraga di Pasaman dan Provinsi Sumbar. Laksanakan musyawarah ini secara demokratis," tukasnya. (Noel)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN


TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini





Ekonomi Bisnis



HISTORIA


IKLAN

IKLAN

Artikel



Adv

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA






KARIR