08 Maret 2021

Gencar Safari Musrenbang, Benny Utama Tekankan Usulan Mesti Tingkatkan Ekonomi Masyarakat


PASAMAN (GemaMedianet.com— Kunjungan kerja Safari Musrenbang di kecamatan terus berlanjut. Kali ini Bupati Pasaman, H.Benny Utama, SH, MM menghadiri dan membuka secara resmi musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Panti sekaligus silahturahmi dengan masyarakat Panti, Senin (8/3/2021).

Dalam Musrenbang tersebut turut hadir Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, SAg, MSi, Ketua TP. PKK Kabupaten Pasaman, Ny. Susi Benny Utama, Ketua GOW Kabupaten Pasaman, Ny. Deni Sabar AS, Staf Ahli, Para Asisten, Kepala OPD, Camat Panti, Forkompimca, Walinagari, Bamus, korwil Pendidikan, Korwil BBI, Korwil Irigasi, Korwil Pengendalaian Kependudukan, Pimpinan Puskesmas, Kepala KUA, Ninik Mamak dan wali  Jorong se kecamatan Panti.

Camat Panti, Azwar, SH dalam sambutannya menyampaikan, gambaran umum wilayah Kecamatan Panti serta program dan kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan di Kecamatan Panti, serta prioritas program dan kegiatan tahun 2022 mendatang.

Dikesempatan yang sama, kepala Bappeda, Choiruddin Batubara,SE, MM memaparkan, musrenbang kabupaten/kota di kecamatan sebagaimana yang dilaksanakan ini merupakan forum pembahasan hasil daftar usulan nagari di lingkup kecamatan sebagaimana amanat Pasal 94 Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

“Jadi kegiatan musrenbang yang dilaksanakan sekarang ini adalah melakukan penajaman, penyelarasan dan klasifikasi, sehingga tercapai kesepakatan terhadap rencana kerja pembangunan daerah yang telah dirumuskan menjadi rencana strategis pemerintah daerah pada aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD),” tutur Choiruddin.

Dalam sambutannya, Bupati Benny Utama mengatakan, kegiatan musrenbang mempunyai arti penting dalam pembangunan daerah, karena musrenbang ini dilaksanakan untuk bermusyawarah serta merumuskan program untuk tahun berikutnya yang diselenggarakan sebagai tahapan pembangunan di seluruh wilayah.

"Setiap usulan pembangunan mulai tingkat nagari harus melalui mekanisme, sehingga usulan pembangunan yang disampaikan masyarakat bisa terakomodir dengan baik," papar Benny Utama.

Pada setiap tahunnya selalu dilaksanakan di awal tahun, maka tahapan mekanismenya harus dimulai dari tingkat nagari, kecamatan hingga kabupaten, dan akan dilanjutkan perumusan melalui forum SKPD dan diteruskan untuk diperjuangkan pada musrenbang di tingkat provinsi dan nasional.

Program dan kegiatan prioritas menurut Bupati Benny Utama, adalah program dan kegiatan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, dan itu harus menjadi perhatian dalam musrenbang yang merumuskan program dan kegiatan.

"Kita harus lebih serius menyepakati apa sebenarnya prioritas pembangunan yang menjadi kebutuhan masyarakat, bukan pembangunan yang menjadi daftar keinginan segelintir individu atau kelompok tertentu," pungkas Benny Utama
(Noel)

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan